follow

Tahap Pembuatan Kandang

Tahap-tahap pembuatan kandang ayam broiler adalah sebagai berikut.

  • Setelah lokasi ditentukan, dilakukan peninggian tanah agar bila musim penghujan datang tidak terjadi genangan air
  • Pembuatan kandang bisa dijalankan, dimulai dari pemasangan tiang bangunan, pemasangan atap, dinding, dan seterusnya.
  • Bila lahan cukup luas dan ada biaya besar untuk membuat banyak kandang, tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah kelompok kandang yang akan dibuat. Sebagai misal, bila akan membuat 5 kelompok kandang, tiap kelompok bisa terdiri dari 2-4 kandang. Tiap kelompok dibuat saling berhadapan, dimana setiap sisi kandang akan menghadap ke arah timur dan barat agar bisa mendapatkan sinar matahari dengan baik. Antara satu kelompok kandang dengan kelompok kandang berikutnya harus diberi jarak yang cukup, minimal 5 meter, dengan tujuan agar tidak terlalu menyulitkan pengawasan maupun kontrol produksi. Selanjutnya, lokasi masing-masing kelompok diberi nama, misalnya Kelompok I, Kelompok II, Kelompok III, dan seterusnya. Masing-masing kelmpok nantinya akan ada petugas kandangnya masing-masing, termasuk tenaga pembantu.
  • Untuk satu unit kelompok kandang atau kandang besar/utama, di dalamnya bisa terdiri atas beberapa kandang, bisa 8 hingga 10 kandang, tergantung kebutuhan dan luas lahan yang ada. Masing-masing kandang akan diisi olehkelompok ayam yang berumur sama. Jumlah ayam yang diisikan per kandang tergantung pada hasil penghitungan/studi jumlah produksi yang telah direnvanakan sebelumnya.
  • Jarak antara tiap kandang di dalam kelompok kandang sekitar 1-1,5 meter, dengan tujuan agar tersedia cukup ruang untuk ventilasi sekaligus jalan masuk bagi petugas kandang.
  • Bila pembangunan kandang sudah selesai, maka selain dibuatkan pagar mengelilingi areal kandang/peternakan, kandang juga harus diisolasi dan disucihamakan dengan obat antikuman yang saat ini sudah banyak terdapat di toko-toko bahan peternakan atau toko unggas. Setelah itu, kandang juga tidak boleh dimasuki atau diinjak oleh sembarang orang supaya proses isolasi dan sterilisasi bisa benar-benar berfungsi secara maksimal. Bila semuanya sudah dipersiapkan, tinggal mendatangkan bibit anak ayam (DOC) untuk dimasukkan ke dalam kandang.

tahap pembuatan kandang ayam broiler

Baca juga mengenai Pengaturan Pemberian Ransum

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Tahap Pembuatan Kandang.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.