follow

Memilih Lokasi Peternakan

Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Setelah menentukan lokasi awal beternak ayam broiler/ras pedaging. maka langkah selanjutnya adalah memilih lokasi peternakan. Untuk pemilihan lokasi, setidaknya harus memenuhi ketentuan-ketentuan seperti berikut :

  • Tempat yang sunyi, jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk.
    Lokasi peternakan ayam paling disarankan dibuka di tempat yang sedikit sunyi, jauh dari keramaian maupun permukiman penduduk. Hal tersebut dikarenakan sifat ayam broiler yang mudah stres, mudah terkejut, dan sangat sensitif terhadap kondisi di sekitarnya. Selain itu, dengan memilih lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, maka usaha peternakan ayam akan terhindar dari keluhan warga sekitar akibat bau limbah kotoran yang di timbulkannya, ataupun resiko akan digusur oleh pemerintah tata kota setempat. Lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk juga sangat membantu meminimalisir resiko masuknya bibit penyakit yang bisa saja terbawa oleh orang luar (bukan pekerja peternakan).

  • Dekat dengan sumber pakan yang dibutuhkan.
    Usahakan ternak ayam akan lebih mudah dijalankan dan lebih menguntungkan bila lokasi usaha yang dipilih berdekatan dengan sumber penghasil pakan yang dibutuhkan ayam. Sebagai misal, lokasi peternakan berada dekat dengan toko bahan pakan, atau dekat dengan pabrik penggilingan padi yang akan menghasilkan bekatul, dan sebagainya.

  • Dekat dengan lokasi pemasaran
    Sekalipun sudah tersedia atau terdapat alat transportasi yang memadai, namun akan lebih baik pula bila lokasi peternakan yang akan di buka tidak terlalu jauh dengan lokasi pemasaran dan lokasi pembelian bibit.Pasalnya, ayam broiler sangat rentan dan mudah stress terhadap perjalanan jauh. Terlebih lagi bila melewati medan yang lumayan berat.

  • Tidak berisiko untuk digusur.
    Lokasi peternakan harus benar-benar aman dan terhindar dari resiko akan digusur oleh pemerintah tata kota setempat. Untuk itu, selain mengantongi izin usaha, lokasi yang dipilih harus di cocokkan dengan rencana Pemda atau Bapedda setempat sehingga kemudian hari tidak akan terkena resiko penggusuran atau relokasi.

  • Pasokan air melimpah atau dekat dengan sumber air.
    Ternak ayam memang memerlukan banyak persediaaan air yang nati akan digunakan, mulai dari keperluan minum hingga membersihkan kandang. Bila pasokan air melimpah, maka kandang bisa dibersihkan secara rutin, dan pemberian air minumpun bisa diberikan setiap saat.

  • Akses ke peternakan mudah dan stategis.
  • Peternakan ayam sebaiknya juga dibuka di areal yang mudah di akses dengan kendaraan apapun sehingga memudahkan bagi siapa saja, mulai dari pengelola hingga pengepul/distributor untuk menuju ke sana.
  • Lokasi sebaiknya berada di tempat yang sejuk.
    Lokasi peternakan akan lebih bagus jika di buka di lokasi yang sejuk, tidak gersang atau panas, dan masih terdapat beberapa tanaman penaung. Tanaman ini berfungsi sebagai peneduh sekaligus penopang serbuan dari angin kencang. Keuntungan dari tempat yang sejuk adalah ayam akan terhindar dari resiko stres yang disebabkan oleh suhu lingkungan yang terlalu panas.


Memilih Lokasi Peternakan Ayam Broiler

Teruskan membaca ke bagian judul Mencari Tenaga Kerja yang Dibutuhkan

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Memilih Lokasi Peternakan.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.