follow

Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler

Usaha budidaya ayam broiler dapat ditinjau dari dua aspek, yakni aspek produksi dan aspek pemasaran. Berikut ini penjelasannya untuk anda.

1. Aspek Produksi
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan efisien, manajemen dalam budidaya ayam broiler harus anda terapkan dengan tepat. Jika tidak, maka kegagalan usaha bisa saja terjadi. Pada aspek produksi ini anda harus dapat memprediksikan berapa banyak jumlah ayam broiler yang akan diproduksi. Dengan kata lain semua sapronak sudah anda siapkan untuk memenuhi proses produksi dalam satu siklus dan untuk siklus berikutnya. Anda kemudian harus bisa menghitung juga jumlah output-nya.

Kegagalan produksi banyak disebabkan karena kurangnya persiapan anda untuk melakukan proses produksi. Akibatnya, anda mengalami kerugian yang sangat besar dari aspek produksi karena biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu kilogram ayam broiler adalah sangat tinggi. Dengan demikian anda tidak mampu bersaing dengan usaha yang sejenis dan anda pun terancam gulung tikar.

2. Aspek Pemasaran
Produksi ayam broiler yang baik sekalipun dapat hancur jika tidak didukung oleh pemasaran yang andal, demikian pula sebaliknya. Dalam hal ini anda harus mengetahui seluk beluk pemasaran ayam broiler dan selalu mengkordinasi produksi di peternakan. Dalam hal ini anda sebaiknya menjalankan mekanisme atau sistem pemasaran.

Koordinasi antara bagian produksi dan bagian pemasaran harus sejalan atau sinergis agar semua tujuan dan tanggung jawab tercapai sesuai harapan anda.

Kunci sukses dalam budidaya ayam broiler tidak terlepas dari aspek produksi. Kegagalan produksi dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar seperti misalnya kurangnya persiapan untuk proses produksi. Namun, aspek produksi juga tidak terlepas dari pemasaran. Dalam hal ini harus ada sinergis produksi dengan pemasaran.

Selain faktor produksi dan pemasaran, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah manajemen pemeliharaan, misalnya soal nutrisi pakan. Salah satu komponen utama nutrisi vitamin yang diperlukan dalam jumlah sedikit namun penting artinya bagi produktivitas ayam broiler.

Soal lainya adalah penyakit yang menyerang ayam broiler. Penyakit ascites, misalnya, merupakan salah satu penyebab kerugian dalam industri peternakan akibat kematian yang dapat mencapai hingga dua persen. Genetik ayam broiler yang semakin mengalami kemajuan dalam pertumbuhannya (fast growing) adalah faktor penyebab kasus ini. Namun para ilmuwan mencoba menemukan jawaban untuk menghindari kasus ini dengan pemberian antioksidan sebagai alternatif pencegahan.

By Chintya Nada Pangestika with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.