follow

Fasilitas Kandang yang lain

Fasilitas penunjang di lingkungan kandang ayam juga tak kalah penting diantaranya adalah :

Rumah/mes untuk petugas kandang
Didalam areal peternakan untuk skala menengah ke atas yang membutuhkan tenaga kerja atau petugas kandang biasanya akan dilengkapi dengan bangunan khusus atau mess untuk tempat istirahat maupun menginap para petugas kandang. Bangunannya bisa dibuat sederhana, namun yang terpenting memenuhi syarat kesehatan dan lokasinya tidak berdekatan dengan kandang ayam.

Bak penampungan kotoran
Bak penampungan kotoran ini akan menampung semua limbah kotoran dari kandang ayam, termasuk sisa makanan dan kotoran ayam. Tujuannya agar semua kotoran bisa ditampung dalam satu tempat sehingga tidak menimbulkan bau dan nantinya bisa dimanfaatkan kembali, sebagai contoh untuk pupuk organik tanaman.

Pagar mengelilingi peternakan/kandang
Areal peternakan dipagari dengan bambu atau batako setinggi 2-2,5 meter dengan tujuan untuk mencegah keluar masuknya orang selain petugas peternakan atau binatang lain, dan sekaligus untuk menambah keamanan peternakan dari sisiko pencurian. Pembuatan pagar juga bertujuan untuk mencegah masuknya bibit penyakit dan parasit yang bisa saja terbawa oleh orang luar yang masuk ke dalam areal peternakan. Untuk pintu masuknya, bisa saja hanya dibuat satu buah, yakni di samping ruangan yang dijadikan kantor administrasi. Tujuannya agar setiap orang atau tamu yang keluar masuk areal peternakan bisa diketahui dan bisa diawasi dengan mudah.

Lanjutkan membaca mengenai Tahap-tahap Pembuatan Kandang

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Fasilitas Kandang yang lain.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.