follow

Peralatan Pendukung Kandang Ayam

Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Di dalam kandang akan disediakan beberapa peralatan yang sangat dibutuhkan mulai dari indukan/penghangat, tempat pakan, tempat air minum, hingga kipas angin untuk membantu pertukaran udara. Berikut peralatan pendukung lainnya :

Alat pemanas atau indukan (brooder)
brooderIndukan buatan atau yang juga disebut brooder, sebenarnya merupakan alat berbentuk bundar atau persegi empat yang didalamnya terdapat alat pemanas, bisa dari kompor minyak, lampu pijar, atau gas. Fungsinya adalah untuk menghangatkan anak ayam yang masih muda atau yang masih berumur antara 1 hari hingga sekitar 2-3 minggu. Karena fungsinya menyerupai induk ayam, makanya bisa disebut sebagai "indukan buatan"

Indukan yang dijual di pasaran dirancang untuk kapasitas tertentu. Sebagai contoh, untuk indukan berbentuk bundar dengan diameter 1,2 meter bisa menampung sekitar 400 ekor anak ayam. Secara sederhana, indukan bisa dengan mempergunakan lampu kapal, petromaks, atau lampu listrik yang dilengkapi reflektor. Namun, alangkah lebih baik bila menggunakan indukan yang layak seperti yang banyak di jual di toko peternakan unggas.

Syarat indukan yang akan di pakai adalah panasnya stabil dan kontinu, serta suhunya bisa diatur sesuai kebutuhan dengan jalan mengatur ketinggian atau letak sumber pemanas (sebagai misal mengatur letak dan besarnya watt lampu pijar). Indukan yang suhunya kurang bisa membuat anak ayam masuk angin dan tidak mau makan. Sedangkan indukan yang suhunya terlalu panas menjadikan anak ayam merasa kehausan secara terus-menerus sehingga stres.

Untuk mengetahui apakah suhu indukan sudah ideal ataukah belum, indikatornya adalah dengan melihat tingkah laku anak ayam di dalam kandangnya. Apabila anak ayam banyak berkumpul di dekat indukan itu pertanda suhu indukan masih kurang. Sebaliknya, bila anak ayam banyak yang kehausan, sering minum, dan paruhnya sering terbuka, itu pertanda suhu indukan terlalu panas sehingga harus diturunkan. Namun, apabila suhu indukan sudah ideal, maka peternak cukup menjaga agar tingkat suhu dari sumber panas indukan tersebut tetap stabil dan kontinu sehingga anak ayam bisa merasa nyaman dengan suhu ruangan kandang yang ada.

Tempat makan
chick feeder trayTempat makan untuk ayam broiler yang masih berusia di bawah satu minggu menyerupai bak datar yang disebut chick feeder tray, dengan bentuk bundar atau persegi empat seperti baki. Sedangkan untuk ayam yang lebih besar digunakan tempat makan berbentuk bundar atau persegi empat yang mempunyai dinding tepi mengelilingi wadahnya sehingga pakan yang dimasukkan tidak mudah tertumpah atau keluar dari wadah. Tempat makan tersebut akan digantung, di mana tinggi bagian bawah bak menyesuaikan dengan tinggi bahu ayam sehingga ayam dengan mudah bisa mengambil/mematuk makanan dari wadah tersebut. Untuk jumlah tempat makan yang dibutuhkan, senagai perbandingan, idealnya 1 buah tempat makan bisa dipergunakan antara 25-30 ekor ayam dewasa.

Tempat air minum
tempat air minum ayamTempat air minum untuk ayam broiler bisa berbentuk memanjang (sebagai misal bila dibuat secara sederhana dengan belahan bambu atau paralon) atau berbentuk bundar. Namun, kebanyakan tempat minum berbentuk bundar dengan dinding tepi mengelilingi wadahnya sehingga air minum yang dimasukkan tidak mudah tertumpah atau keluar dari wadah. Untuk peralatan minum yang sudah otomatis (tidak manual) maka terdapat meteran atau pengukur air yang secara otomatis akan mengatur jumlah air di dalam wadah.

Untuk menghemat biaya pengeluaran, tempat air minum bisa dibuat sendiri dengan syarat terbuat dari bahan yang ringan, dan tidak terbuat dari logam yang mudah berkarat karena bisa menyebabkan keracunan. Hal yang perlu diperhatikan, penempatan tempat air minum harus selalu berdekatan dengan tempat pakan karena sudah menjadi kebiasaan ayam bila sehabis makan akan langsung minum. Peralatan juga harus mudah dibersihkan, dan letaknya lebih tinggi ketimbang lantai kandang supaya tidak diinjak-injak, dan jangan lupa bagian tepi dari peralatan tersebut harus dibuat tumpul atau tidak tajam sehingga tidak mengganggu ayam saat makan dan minum. Selain itu, untuk peralatan tempat makan dan minum harus dipelihara, baik dari segi ukuran maupun jumlahnya. Sebagai perbandingan, 1 buah tempat minum idealnya bisa dipergunakan oleh 70-100 ekor ayam dewasa.

Kipas angin
kipas angin ayamVentilasi mutlak harus ada, utamanya untuk mempertahankan keadaan udara di dalam kandang supaya tetap segar dan terhindar dari kelembapan yang terlalu tinggi yang dapat menimbulkan bau pengap. Namun, apabila ventilasi atau sirkulasi udara yang ada di kandang masih kurang cukup, bisa dibantu dengan membuat ventilasi buatan, yakni memasang kipas angin. Kipas angin yang dipergunakan dipasang untuk dua fungsi yang berbeda, yakni ventilasi bantuan negatif dan ventilasi bantuan positif.

Kipas angin sebagai ventilasi bantuan negatif digunakan untuk menyedot udara kotor dari dalam kandang ke luar kandang, sedangkan kipas angin sebagai ventilasi bantuan positif dipasang untuk menghembuskan angin segar ke dalam kandang. Agar penggunaan kipas angin bisa lebih efektif, maka kipas angin bisa dipasang pada tiang bangunan kandang atau dengan membuat konstruksi penyangga khusus pada ketinggian antara 70-90 cm dari lantai kandang. Untuk peletakannya, kipas angin sebagai ventilasi bantuan negatif dipasang di bagian dalam kandang, sedangkan kipas angin sebagai ventilasi bantuan positif dipasang di bagian tepi kandang.

Lampu penerangan
Lampu penerangan mutlak harus ada agar bisa memberikan penerangan secara merata di seluruh ruangan kandang ayam broiler. Lampu penerangan bisa menggunakan lampu listrik atau lampu minyak. Namun, akan lebih praktis bila menggunakan lampu listrik, sedangkan lampu minyak digunakan sebagai cadangan bila sewaktu-waktu listrik mati.

Peralatan lain-lain
Peralatan lain-lainBeberapa peralata lain yang semestinya tersedia di dalam kandang dan bisa dipergunakan bilaman diperlukan adalah sekop, cangkul, selang air, termometer, gunting operasi, sikat, alat suntikan, pisau potong operasi kecil, sepatu kandang (boot), ember untuk membawa makanan, ember untuk membawa air minum, dan sendok untuk takaran (ransum dan antibiotik).

Lanjutkan membaca tentang Fasilitas Kandang yang lain

By Chintya Nada Pangestika with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Peralatan Pendukung Kandang Ayam.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.