follow

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Ayam Broiler

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Ayam BroilerPeternakan Ayam Broiler Blogspot - Ayam broiler membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Gizi yang dibutuhkan antara lain adalah Protein, Vitamin, Karbohidrat, Lemak, Mineral, Air, dan Feed-supplement. dan berikut penjelasan masing-masing bagian :

Protein
Protein merupakan bahan utama pembentukan sel dan pertumbuhan. Terdapat dalam tepung ikan (tepung teri), tumbuhan berbiji, tanaman polong-polongan, dan berbagai bungkil, seperti bungkil kedelai dan bungkil kelapa.

Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan oleh ayam broiler sebagai sumber energi utama dan pembentukan cadangan sumber energi, dimana kelebihan karbihidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan sumber energi yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan. Bahan makanan sumber karbohidrat terutama adalah dari jenis padi-padian, seperti bekatul, gandum, dan jagung.

Lemak
Lemak bagi tubuh ayam broiler diperlukan sebagai sumber tenaga (energi) dan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K sehingga dapat diserap usus. Lemak juga berfungsi sebagai cadangan energi, di mana kelebihan makanan dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak yang bisa dimanfaatkan sebagai cadangan energi bilamana diperlukan. Bahan makanan yang bisa mejadi sumber lemak bagi ayam broiler antara lain bungkil kelapa, jagung, bungkil kacang tanah, bekatul.

Mineral
Mineral bagi tubuh ayam broiler diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan tubuh, serta membantu proses metabolisme.

Vitamin
Vitamin diperlukan dalam jumlah sedikit untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh yang spesifik, mulai dari pertumbuhan, memelihara kesehatan, pengaturan zat-zat makanan, berproduksi, dan metabolisme. Vitamin yang dibutuhkan oleh ayam broiler adalah vitamin A, vitamin B kompleks (B1, B2, B6, B12), vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Air
Air sangat dibutuhkan oleh ayam broiler agar metabolisme tubuhnya berjalan lancar, termasuk mengatur temperatur (panas) tubuh, mempertahankan keseimbangan volume darah, dan melumatkan makanan dalam proses pencernaan.

Feed-supplement
Selain kebutuhan gizi seperti di atas, ayam broiler juga membutuhkan feed-supplement. Feed-supplement adalah bahan tambahan esensial yang bergua untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah serangan penyakit. Feed-supplement mengandung obat-obatan (antibiotik dan coccidiostat), vitamin, asam amino, dan mineral.

By Chintya with 3 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.