follow

Infeksi Pusar (Navel Infecction)

Penyakit yang menyerang jaringan kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam organisme, diantaranya jamur, bakteri, dan virus. Bisa juga disebabkan oleh luka fisik (physical traumatc). Bahkan, beberapa gangguan bisa disebabkan oleh hewan serangga kecil (insect). Meskipun hanya menyerang jaringan kulit, ada beberapa jenis penyakit kulit yang bisa menyebabkan kematian.

A. Infeksi Pusar (Navel Infection)
Navel infection yang disebut juga omphalistis atau black navel adalah infeksi yang menyerang kulit pusar ayam. Penyakit ini menyerang bagian kantong kuning telur embrio dan pusar anak ayam.

Infeksi Pusar disebabkan oleh serangan berbagai jenis bakteri patogen

a. Penyebab Penyakit
Banyak jenis organisme yang dapat menimbulkan infeksi pusar ayam, baik yang menyerang secara individu maupun bersamaan. Jenis oganisme tersebut di antaranya Aerobacter, Proteus, Salmonella, Bacillius, Staphylococcus, Streptococcus, dan Clostridia. Penyakit Navel infection yang disebut juga avian colibacillosis menyerang jaringan kulit. Penyebabnya adalah bakteri Escherichia coli.


b. Gejala Penyakit
Bakteri Escherichia coli sering ditemukan pada jaringan anak ayam yang baru menetas. Jenis bakteri ini bisa menyebabkan depresi, keracunan darah (septicemia) serta pusar (navel) membengkak, menebal, dan terasa basah jika diraba. Jika dibedah, kuning telur tampak abnormal. Warna kuning menjadi keruh, kadang-kadang tampak kehijauan dan terjadi pembengkakan jaringan selaput perut (peritonitis atau peritoneum).

c. pencegahan Penyakit
Pencegahan terhadap penyakit bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Mengurangi telur tetas yang terkontaminasi. Caranya, dengan melakukan fumigasi di lokasi kandang selama masa penyimpanan. Bisa juga dengan cara menerapkan prosedur sanitasi dan fumigasi yang baik di lokasi penetasan (hatchhery).
  • Menghindari penyeab ayam stres dan mengontrol keadaan debu. Pakan yang diberikan kepada ayam harus terbebas daro kontaminasi Escherichia coli. Pakan yang berbentuk pelet lebih bebas dari kontaminasi. Jika diperlukan, tambahkan antibiotik ke dalam pakan dengan dosis rendah.

d. Pengobatan Penyakit
Jenis antibiotik dan obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini diantarannya ampicilin, chloramphenicol, furazolidone, chlortetracycline, neomycin, nitrofuran, gentamicin, ormethiprim-sulfadimenthixine, spectinomycin, streptomycin, dan obat-obatan sulfa. Pengobatan akan efektif jika dilakukan ketika infeksi baru terjadi.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Infeksi Pusar (Navel Infecction).
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.