Faktor Pendukung Munculnya Penyakit

Posted By Chintya on Thursday, October 6, 2011 | 6:04 AM

  1. Higienitas dan sanitasi yang buruk dari kandang maupun peralatan.
    Kondisi peternakan yang kurang terawat, jarang atau sering terlambat dibersihkan, terlalu lembab karena kurang mendapatkan sinar matahari dan pengap karena kurangnya ventilasi udara bisa menyebabkan ayam yang dipelihara menjadi tidak nyaman, stres, dan daya tahan tubuhnyapun menurun. Akibatnya, penyakit dan parasit yang selama ini mengintai dengan mudah bisa menyerang ayam. Begitu pula dengan penggunaan peralatan makan dan minum yang kotor, jarang dibersihkan, dan lumutan misalnya, juga bisa mengundang masuknya bibit penyakit yang kemudian akan berkembang biak dengan mudahnya.
  2. Perubahan musim
    Perubahan musim baik dari musim penghujan ke kemarau ataupun sebaliknya, biasanya akan diikuti dengan perubahan suhu lingkungan sekitar kandang yang membuat daya tahan ayam menjadi menurun dan stres. Kondisi semacam itu menjadikan bibit penyakit dengan leluasa bisa menyerang seiring daya tahan tubuh ayam yang menurun. Sebagai contoh, penyakit seperti coryza atau pilek biasanya akan sering dijumpai pada masa pancaroba.
     
  3. Tingkat kelembapan dan temperatur lingkungan kandang yang terlampau ekstrim
    Tingkat kelembapan dan temperatur lingkungan kandang yang terlampau ekstrim bisa menyebabkan ayam menjadi stres, nafsu makan rendah, dan daya tahan tubuhnya pun menurun.
  4. Penggunaan bibit DOC yang kurang bagus
    Bibit penyakit bisa saja terbawa dari bibit (DOC) yang digunakan, Untuk itulah sangat dianjurkan agar peternakan selektif saat membeli bibit dengan hanya membeli dari agen yang sudah terpercaya.
  5. Pemberian ransum yang kurang memenuhi kebutuhan gizi
    ransum makanan yang kurang baik dari segi jumlah maupun kualitas jelas akan mengganggu produktivitas ayam sekaligus menurunkan daya tahan tubuhnya terhadap serangan penyakit.
Blog, Updated at: 6:04 AM

0 comments:

Post a Comment

Related Post