follow

Program Pengobatan

Program pengobatan sebaiknya dilakukan sedini mungkin ketika penyakit atau gejalanya sudah terdeteksi. Jika infeksi sudah terlalu parah, Pengobatan akan sulit dilakukan karena membutuhkan  waktu yang lama. Di samping itu, biaya yang dibutuhkan akan sangat mahal. Peternak bisa memberikan pengobatan secara terencana (program pengobatan) jika sebelumnya telah mengetahui sejarah penyakit yang sering terjadi di kawasan tersebut atau di sekitar lokasi peternakan. Contohnya, pemberian obat atau antibiotik melalui pakan.

Mendeteksi penyakit sejak dini bisa dilakukan dengan cara mengamati perilaku ayam, perubahan pada anggota tubuh (anatomi), seperti bulu, mata, kaki, sayap, pola makan dan minum, serta karakteristik kotoran yang dikeluarkan. Pengamatan terhadap penyakit yang menyerangsaluran pernafasan, bisa dilakukan pada malam hari. Caranya, dengan mendengarkan apakah ada suara  atau bunyi ngorok yang keluar dari tubuh ayam. Jenis obat, dosis,dan lamanya pemberian obat sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi yang tertera pada kemasan obat atau berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter hewa atau petugas kesehatan hewan.


Untuk mengatasi suatu jenis penyakit,antibiotik yang sering dipakai bisa beragam. umumnya, jenis antibiotik yang digunakan untuk mengobati suara penyakit mempunyai bahan aktif yang hampir sama meskipun mempunyai nama dagang yang berbeda.

Contoh Pemberian Obat
Data
- Antibiotik A dengan rekomendasi pemberian 1 gram per 5 liter dan lama pemberian 3 hari.
- Populasi ayam 1.000 ekor.
- Umur Ayam 21 hari.
- Berat badan 700 gram.
- Konsumsi pakan 65 gram per ekor per hari.
- Kebutuhan air minum setiap ekor ayam adalah 2 kali jumlah konsumsi pakan. Karena itu, setiap ekor ayam membutuhkan air minum sebanyak (2x65 gram)x mililiter/gram=130 ml.

Pengobatan
- Kebutuhan total air minum 1.000 ekor ayam adalah 130 ml/ekor x 1.000 ekor = 130 liter.
- Kebutuhan antibiotik A etiap hari adalah 1 gram/5 liter/hari x 130 liter = 26 gram/hari. Jadi, kebutuhan antibiotik A selama tiga hari adalah 26 gram/hari x 3 hari = 78 gram.
- Pemberian antibiotik sebaiknya tidak dilakukan sekaligus. Lebih baik antibiotik diberikan lebih dari satu kali setiap hari atau bisa diberikan setiap enam jam sekali.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Program Pengobatan.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.