follow

Sumber Penyebab Penyakit pada Ayam Broiler

Sumber Penyebab Penyakit pada Ayam Broiler
Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Penyakit pada ayam broiler sebagian besar disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit. Sedangkan sebagian kecil lainnya bisa disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan unsur gizi tertentu.



  1. Bakteri
    Sebagian dari penyakit ayam disebabkan oleh bakteri, sebagai contoh adalah penyakit coryza atau pilek ayam. Sebagian besar dari penyakit akibat serangan bakteri biasa disembuhkan dengan antibiotik.
  2. Virus
    Sebagian besar dari penyakit pada ayam disebabkan oleh virus. Sebagai contoh adalah penyakit CRD atau ngorok, ND atau tetelo, dan gumboro. Serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus memang sangat berbahaya dan diakibatkan oleh virus memang sangat berbahaya dan hingga kini pemberantasannya sangat susah lantaran belum ditemukan obatnya, dan tindakan yang bisa dilakukan peternak hanyalah pada pencegahannya saja.
  3. Parasit
    Sebagian kecil dari penyakit pada ayam disebabkan oleh parasit, sebagai contoh adalah serangan cacing dan kutu. Serangan parasit pada ayam sebenarnya bisa dicegah apabila kebersihan kandang dan pengolahannya terjaga. Penyakit yang disebabkan oleh parasit memang tidak menyebabkan kematian, hanya saja mengakibatkan nafsu makan ayam menurun, stres, dan gelisah sehingga daya tahan tubuh maupun tingkat produktivitasnya menurun.
  4. Protozoa pada ayam juga bisa disebabkan oleh serangan protozoa, sebagai contoh adalah pada serangan penyakit berak darah.
  5. Kekurangan maupun kelebihan unsur gizi
    Ketidakseimbangan gizi pada makanan yang diberikan pada ayam bisa menyebabkan ayam mengalami gangguan pertumbuhan dan rentan terhadap serangan penyakit lainnya, sebagai contoh adalah terjadinya kelumpuhan yang disebabkan oleh kelebihan mengonsumsi karbohidrat dan lemak, namun rendah protein, vitamin, dan mineral.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Sumber Penyebab Penyakit pada Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.