follow

Minggu Pertama

Aspek pemeliharaan sangat berperan untuk keberhasilan usaha peternakan ayam broiler. Persentasenya sekitar 40 persen. Bibit dan pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat. Nah, dibawah ini penjelasan tentang tahap-tahap pemeliharaan ternak ayam broiler yang bisa anda lakukan sendiri.

Minggu Pertama
Pemeliharaan pada minggu pertama memerlukan pengawasan yang khusus, karena dalam periode ini bibit ayam broiler (DOC) sedang mengalami tahap penyesuaian dengan tempat baru.

1. Hari Pertama
Siapkanlah kandang boks yang dilengkapi dengan pemanas. Pindahkanlah satu persatu DOC yang baru anda beli ke dalamnya. Biarkan DOC selama 25 menit agar ia mengenal lingkungan yang baru. Jangan anda beri minum dan makanan terlebih dahulu.

Selanjutnya berikanlah air putih yang dicampur gula pasir. Perbandingannya adalah 20 gram gula dicampur 4 liter air untuk 100 ekor DOC. Gula sangat penting untuk mengembalikan kondisi DOC selama perjalanan.

Gunakanlah tempat minum tabung ukuran satu liter atau empat tabung kecil untuk 100 ekor. Sebaliknya tabung air minum digantung sebatas kemampuan DOC menjangkaunya. Bila tempat minum diletakkan dilantai boks maka DOC bisa mengalami kecelakaan, misalnya tercebur atau air minum tercampur tinja sehingga kurang higienis lagi.

Setelah DOC meminum campuran air putih dan gula, berikanlah makanan yang anda letakkan di lantai boks. Jatah pemberian makanan hari pertama sampai ketujuh adalah 13 gram per ekor atau 1,3 kg untuk 100 ekor per hari. sebaiknya anda memberikan makanan berupa pakan berbentuk remah (crumbles).

Tempat makan sebaiknya berbahan plastik dan mempunyai empat kaki. Siapkanlah tempat makan ini untuk 100 ekor DOC. Berikanlah makanan secara bertahap agar tidak dikorek-korek oleh DOC atau tertumpah.

2. Hari Kedua
Pemeliharaan pada hari kedua masih sama seperti yang dilakukan pada hari pertama. Bedanya, air minum diganti dengan campuran air putih dan antibiotik.

3. Hari Ketiga
Pemeliharaan pada hari ketiga sama dengan hari ke dua.

4. Hari Keempat
Pemeliharaan pada hari keempat sama dengan hari ketiga ditambah vaksinasi tetelo yang pertama sebagai imunisasi terhadap penyakit tetelo. Vaksinasi hanya dapat dilakukan terhadap ayam yang sehat. Oleh karena itu tiga hari sebelum dan sesudah vaksinasi, air minum sebaiknya dicampur antibiotik agar ayam broiler bebas dari stres, baik sebelum maupun setelah divaksin.

Vaksinasi ayam broiler usia 4 hari, menggunakan vaksin ND strain BL, bisa dilakukan melalui tetes mata, tetes hidung, dan air minum maupun cara semprotan (Spray).

Cara vaksinasi yang paling praktisadalah melalui air minum. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Dua jam sebelum vaksinasi, ayam jangan diberi air minum dulu. tunggulah hingga ia haus sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berlangsung sesuai harapan anda.
  • Cucilah tempat air minum yang akan digunakan untuk tempat vaksin. Pencucian harus bersih tanpa menggunakan desinfektan karena penggunaan desinfektan dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan vaksin.
  • Untuk membuat larutan vaksin, gunakanlah air suling yang dapat dibeli di apotek atau poultry shop. Jika terpaksa, gunakanlah air biasa yang bersih.
Adapun Cara Pelarutan vaksin adalah :

  • Larutkan vaksin dosis 100 ekor ke dalam campuran air suling atau air bersih sebanyak 950 cc dengan 50 gram susu kental manis.
  • Jumlah 1.000 cc (satu liter) larutan vaksin dibagi untuk empat tempat minum tabung. Setelah itu berikanlah kepada ayam broiler yang telah dipuasakan minum selama dua jam.
  • Selama vaksinasi, usahakan air minum tidak terkena sinar matahari atau terlalu dekat dengan alat pemanas.
  • Sesudah dipakai, botol kemasan vaksin yang ksosng harus dimusnahkan, dibakar, atau direndam dalam larutan desinfektan.
  • Bila larutan vaksin sudah habis terminum tambahkanlah air minum yang segar.
  • Vaksinasi pertama selesai.

5. Hari Kelima
Pemeliharaan ayam broiler pada hari kelima sama dengan hari ketiga.

6. Hari Keenam
Pemeliharaan pada hari keenam sama dengan hari kelima.

7. Hari Ketujuh
Pemeliharaan pada hari ketujuh sama dengan hari keenam.

Lanjutkan membaca ke Minggu Kedua

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Minggu Pertama.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.