follow

Minggu Kedua

Meskipun ayam broiler masih memerlukan pengawasan, namun pemeliharaan pada minggu kedua lebih ringan dibanding minggu pertama. Pemanas juga masih diperlukan.

1. Hari Pertama
Bukalah tirai plastik salah satu penutup sisi kandang boks untuk memperlancar pertukaran udara.. Turunkan temperatur pemanas hingga mencapai suhu 32 Celcius atau 90 Fahrenheit. Caranya dengan meninggikan gantungan lampu pemanas.

Timbanglah berat badan ayam dengan sampel 10 ekor secara bersama-sama. setelah itu carilah berat rata-ratanya. Pertumbuhan normal minggu pertama untuk broiler yang dipelihara di limgkungan tropis seharusnya 275 gram. Bila berat rata-rata ternyata lebih berat dari standar tersebut berarti pertumbuhan ayam yang anda pelihara termasuk cukup baik.

Pada pemeliharaan hari pertama, tambahkanlah jatah pemberian makanan dan minuman. Ayam membutuhkan pakan sebanyak 33 gram per ekor atau 3,3 kg untuk 100 ekor ayam. Kebutuhan air minum per hari rata-rata 5,7 liter sehingga diperlukan enam tabung kecil dengan kapasitas enam liter.

Gunakanlah tempat makanan berupa tabung yang digantung sebatas ayam menjangkaunya. Tempat makan ini bisa menghindarkan terbuangnya makanan karena dikorek-korek oleh ayam. Gunakanlah dua tempat makan tabung, masing-masing berkapasitas 2 kg.

2. Hari kedua
Pada hari kedua, jumlah pemberian makanan dan minuman sama seperti hari pertama.

3. Hari ketiga
Pemelihara hari ketiga sama dengan hari kedua.

4. Hari Keempat
Pemeliharaan hari keempat sama dengan hari ketiga

5. Hari Kelima
Pemeliharaan hari kelima sama dengan hari keempat

6. Hari Keenam
Pemeliharaan hari keenam sama dengan hari kelima.

7. Hari Ketujuh
Pemeliharaan hari ketujuh sama dengan hari keenam.

Lanjutkan membaca ke Minggu Ketiga

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Minggu Kedua.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.