follow

Syarat Lokasi Peternakan Ayam Kampung

Beternak ayam kampung petelur juga harus memenuhi syarat teknis lokasi sebagaimana beternak lainnya. Bila ternak dipelihara dalam jumlah yang besar maka akan dapat menimbulkan gangguan terhadap lingkungan sekitarnya. Gangguan dapat berupa suara ayam, kotoran ayam, pakan dan lalu lintas pengangkutan produksi dan sarana produksi.

Selain itu, ternak yang dipelihara harus memenuhi keriteria kenyamanan lingkungan sehingga tidak mudah mengalami stres, mudah terjangkit penyakit dan sebagainya. Syarat-syarat lokasi yang dipilih dalam beternak ayam kampung petelur adalah sebagai berikut ini.

  1. Lokasi tidak jauh dari pemasaran hasil dan sumber-sumber faktor produksi. Jika keduanya tidak bisa diperoleh secara bersamaan maka yang diutamakan adalah dekat dengan sumber faktor produksi. Bila jauh dengan pemasaran, ada kemungkinan pembeli mengambil sendiri ke lokasi peternakan.
  2. Lokasi seharusnya memenuhi tata guna lahan dari pemerintah daerah setempat. Hal ini perlu karena kawasan akan terus berkembang sesuai dengan peruntukannya. Jangan sampai peternak memilih lokasi yang peruntukannya ke depan sebagai pusat perkantoran atau pemukiman.
  3. Lokasi harus jauh dari keramaian, tetapi ada jalur transportasi dan kominikasi. Keramaian akan mengganggu ternak dan sebaliknya. Sedangkan jalur transportasi adalah untuk memudahkan pemasaran hasil dan penyediaan faktor produksi.
  4. Lokasi hendaknya mempunyai sumber-sumber air bersih yang cukup, tidak di bawah lembah atau di atas bukit.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Syarat Lokasi Peternakan Ayam Kampung.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.