Jenis ayam Kampung Unggulan

Ayam buras atau ayam kampung ada juga yang menyebut ayam lokal atau ayam sayur. Di beberapa daerah pemberian nama ayam buras selain berdasarkan asal daerah ayam juga berdasarkan pada besar dan bentuknya. Beberapa jenis ayam kampung di indonesia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan antara lain adalah sebagai berikut ini.


  • Ayam Kedu
    Ayam kedu merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Magelang dan Temanggung atau eks. Kersidenan Kedu (Jawa Tengah). Ciri-ciri ayam kedu - Berdasarkan penampilan warnanya, ayam kedu dapat dibedakan menjadi empat jenis sebagai berikut.


    • Ayam Kedu Hitam
      Ciri-ciri Ayam kedu hitam mempunyai penampilan fisik hampir hitam semua, tetapi kalau diamati secara teliti warnanya tidak terlalu hitam. Penampilan kulit pantat dan jengger masih mengandung warna kemerah-merahan. Bobot ayam kedu hitam jantan dewasa antara 2 kg - 2,5 kg. Sedangkan yang betinanya hanya 1,5 kg. Ayam ini sering disamakan dengan ayam cemani karena tampak serba hitam.


    • Ayam Kedu Cemani
      Ayam Kedu Cemani
      Ciri-ciriAyam kedu cemani memiliki penampilan sosok tubuh hitam mulus, termasuk paruh, kuku, telapak kaki, lidah, telak (langit-langit mulut), bahkan daging dan tulangnya juga hitam. Sosok tubuh ayam kedu jantan dewasa tinggi besar dan bobotnya antara 3 kg - 3,5 kg, sedangkan yang betina dewasa berbobot antara 2 kg - 2,5 kg.



    • Ayam Kedu Putih
      Ciri-ciri Ayam kedu putih ditandai dengan warna bulu putih mulus, jengger dan kulit mukanya berwarna merah, sedangkan kakinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Jenggernya tegak berbentuk wilah. Bobot ayam jantan kedu putih dewasa mencapai 2,5 kh. Sedangkan bobot ayam kedu putih betina 1,2 kg - 1,5 kg.



    • Ayam Kedu Merah
      Ayam kedu merah ditandai dengan warna bulu hitam mulus, tetapi kulit muka dan jengger berwarna merah, Sedangkan kulit badannya berwarna putih. Sosok tubuh ayam kedu merah tinggi besar dengan bobot ayam jantan dewasa 3 kg - 3,5 kg, Sedangkan bbot ayam betina 2 kg - 2,5 kg.
  • Ayam Nunukan
    Ayam Nunukan
    Ayam nunukan disebut juga ayam Tawao. Ayam ini merupakan ayam lokal yang berkembang dipulau Tarakan, Kalimantan Timur. Ayam nunukan diperkirakan berasal dari Cina. Karakteristik ayam nunukan adalah warna bulunya merah cerah atau merah kekuning-kuningan, bulu sayap dan ekor tidak berkembang sempurna. Sementara paruh dan kakinya berwarna kuning atau putih kekuning-kuningan dengan jengger dan pial berwarna merah cerah. Jenggernya berbentuk wilah dan bergerigi delapan. Stadium anak ayam sampai umur 45 hari cenderung berbulu kapas. Berat badan ayam nunukan jantan dewasa 3,4 kg - 4-2 kg, sedangkan yang betina 1,6 kg - 1,9 kg.
  • Ayam Pelung
    Ayam Pelung
    Ayam pelung merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Cianjur dan sukabumi (Jawa Barat). Ayam pelung memiliki sosok tubuh besar dan tegap, temboloknya tampak menonjol. Kakinya panjang, kuat, dan pahanya berdaging tebal.

    Ayam pelung jantan memiliki jengger berbentuk wilah yang besar, tegak, bergerigi nyata dan berwarna merah cerah. Ayam pelung betina mempunyai jengger, tetapi jengger tersebut tidak berkembang dengan baik. Ayam pelung jantan dewasa mempunyai bobot badan berkisar antara 3,5 kg - 5,5 kg, sedangkan yang betina 2,5 Kg - 3,5 Kg.
  • Ayam Sumatra
    Ayam Sumatra
    Ayam Sumatra merupakan ayam lokal dari sumatra barat. Penampilan perawakannya tegap, gagah, tetapi ukuran tubuhnya kecil. Ayam Sumatra jantan berkepala kecil, tetapi tengkoraknya lebar. pipinya penuh (padat), keningnya tebal, dan pialnya menggantung ke bawah. Paruh ayam Sumatra umumnya pendek dan kukuh berwarna hitam, dengan cuping kecil dan berwarna hitam. Ayam Sumatra memiliki jengger berbentuk wilah dan berwarna merah. Kulit muka juga berwarna merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jareang. Bobot ayam Sumatra jantan dewasa 2 Kg, sedangkan yang betina 1,5 Kg.
  • Ayam Belenggek
    Ayam Belenggek
    Ayam belenggek berasal dari Sumatra Barat, tepatnya di pedalaman Kabupaten Solok. Ayam ini pandai berkokok dengan suara yang merdu dan iramanya bersusun-susun, panjang sampai terdiri atas 6-12 suku kata. Semakin panjang suku katanya, semakin panjang kokoknya.




  • Ayam Kampus
    ayam kampus
    Kalau ayam kampus yang satu ini pasti udah banyak yang tau... langsung saja silahkan menuju ke pusatnya ayam kampus di sini

0 Response to "Jenis ayam Kampung Unggulan"

Post a Comment