follow

Mengobati Penyakit Ayam


Pengobatan ayam yang terserang penyakit bisa dilakukan melalui beberapa cara yaitu :

1. Obat-obatan
Obat-obatan untuk mengatasi penyakit pada ayam broiler antara lain antibiotik, vaksin, dan vitamin. Pemilihan dan pemakaian obat-obatan itu sesuai dengan kasus yang dihadapi. Oleh sebab itu diagnosa penyakit tidak boleh salah demi keefektifan terapi pengobatan yang anda jalankan.

Sebenarnya obat-obatan hanyalah pendukung. Faktor utama untuk menghasilkan ayam yang sehat adalah sanitasi dan tata laksana pemeliharaan yang benar. Obat-obatan yang bagus dan mahal tidak akan bermanfaat banyak bila sanittasi dan manajemen pemeliharaan ternyata buruk karena penyakit menjadi sering muncul dan sulit untuk diatasi. Akibatnya, biaya produksi pun meningkat.

Penyakit ayam broiler, terutama yang disebabkan oleh virus, sukar untuk disembuhkan. Untuk itu harus dilakukan sanitasi secara rutin dan ventilasi kandang yang baik.

2. Vaksinasi
Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. slah satu vaksinasi ini dalakukan pada umur empat hari dengan metode tetes mata dengan vaksin ND starin B1, dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

3. Sanitasi Kandang
Sanitasi kandang harus dilakukan setelah panen. Dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pencucian kandang dengan air hingga bersih dari kotoran limbah budidaya sebelumnya. Tahap kedua yaitu pengapuran di dinding dan lantai kandang. Untuk sanitasi yang sempurna selanjutnya dilakukan penyemprotan dengan formalin, Untuk membunuh bibit penyakit. Setelah itu dibiarkan minimal 10 hari sebelum budidaya lagi untuk memutus siklus hidup virus dan bakteri, yang tidak mati oleh perlakuan sebelumnya.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Mengobati Penyakit Ayam.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.