follow

Memilih Ayam Siap Panen

Sebagai seorang Peternak Ayam Broiler, anda perlu memenuhi standar kualitas dan kontinuitas produk. Dalam hal ini anda harus melakukan pengelolaan atau pengaturan produksi agar usaha ternak ayam broiler dapat berproduksi secara kontinyu. Anda sebaiknya melakukan pengaturan dan penjadwalan secara teratur kapan bibit ayam umur sehari (DOC) masuk dan kapan ayam siap dipanen. Jika anda menerapkannya dengan konsisten maka anda akan disukai oleh pengepul atau mitra kerja anda daripada hanya sekali panen dalam jumlah banyak.

Anda perlu ingat bahwa pengelolaan produksi sangat terkait dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC (Day Old Chicken), dan jumlah permintaan ayam siap panen. Pada saat yang sama anda perlu mempersiapkan pemasaran ayam broiler. Banyak peternak ayam komersial yang mengalami kendala karena kurang matangnya mempersiapkan pemasaran. Mereka tidak siap dalam pelaksanaan aktivitas sebelum panen, pada saat ayam dipanen, maupun pasca-panen. Nah, agar anda mampu menjalankan pemasaran dengan baik, ikutilah langkah-langkah di bawah ini sehingga anda dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada masa panen ayam broiler.

Sebelum panen, anda perlu mengetahui ciri-ciri ayam broiler berkualitas yang siap dipanen. Ciri-ciri tersebut adalah :

  • Ayam dalam kondisi aktif, lincah, mata dan muka cerah (tidak mengantuk), serta bebas dari penyakit.
  • Berat badan ayam sesuai dengan umur (standar) dan seragam.
  • nafsu makan dan minum tergolong baik.
  • Bulu cerah berminyak, tidak kusam, dan tidak berdiri.
  • Bentuk tubuh ayam normal dan proporsional, berdiri tegak dengan kaki yang kokoh, serta tidak ada luka di tubuhnya.
  • Sayap tidak jatuh dan posisi kepala terangkat dengan baik.
  • Tidak terdengar gejala napas bersuara atau batuk.
  • Anus bersih dan tidak ada kotoran.

Lanjutkan membaca mengenai Kegiatan Sebelum Panen

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Memilih Ayam Siap Panen.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.