follow

Beberapa Faktor Kegagalan dalam Pencegahan dan Penanganan Penyakit pada Ayam

  • Kurang atau minimnya pengetahuan mengenai penyakit yang tengah ditangani.
    Pengetahuan yang minim mengenai penyakit yang tengah ditangani seringkali menjadikan pencegahan ataupun penanganan penyakit tersebut menjadi tidak efektif dan tidak maksimal. Sebagai contohnya, vaksinasi efektif dan tidak maksimal. Sebagai contohnya, Vaksinasi ND yang pertama akan menjadi tidak efektif bila diberikan pada anak ayam yang sudah berusia di atas 2 minggu, karena pada usia 3 minggu ayam seharusnya sudah akan mendapatkan vaksinasi ND yang kedua.
  • Penggunaan strain vaksin yang tidak tepat atau kurang berkualitas.
    Penggunaan vaksin yang tidak tepat sasaran atau kualitasnya buruk menjadikan upaya pencegahan penyakit menjadi tidak efektif. Untuk itu, sebaiknya belilah vaksin dari agen yang sudah terpercaya dengan meminta informasi dan masukan dari sesama peternak atau dinas peternakan yang lebih kompeten.
  • Kesalahan prosedural
    Bila ayam sudah pernah diberi vaksin penyakit tertentu, namun beberapa waktu kemudian masih terserang penyakit tersebut, maka artinya ada yang salah dengan vaksinasi yang diberikan, atau vaksinasi tidak berjalan sesuai prosedur. Bisa saja vaksin stainnya salah, jenis vaksin tidak cocok, atau terjadi kesalahan ketika membawa vaksin tersebut dari toko hingga ke peternakan. Bisa juga lantaran kesalahan petugas vaksinasi karena memberikan dosis yang tidak tepat atau tidak memperhatikan petunjuk yang ada di kemasan.
Catatan Lain :
  • Penggunaan obat-obatan, termasuk antibiotik, harus dihentikan minimal satu minggu sebelum ayam dipanen atau dijual. 
  • Karena serangan penyakit pada ayam broiler terkadang datang bersamaan atau beberapa jenis penyakit sekaligus, maka bisa saja peternak memberikan beberapa macam obat dan antibiotik sekaligus. Hanya saja, penggunaannya harus hati-hati, menggunakan obat terpilih yang sesuai dengan maksud atau tujuan pengobatannya.
  • Penggunaan antibiotik spektrum luas atau yang sangat keras/kuat dan bisa membasmi hampir semua penyakit bakteri sebaiknya dibatasi atau tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan bakteri tersebut menjadi kebal, dan bilamana hal itu terjadi maka sangat susah untuk mengatasinya.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Beberapa Faktor Kegagalan dalam Pencegahan dan Penanganan Penyakit pada Ayam.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.