follow

Nilai Lebih dari Beternak Ayam Broiler

Nilai Lebih dari Beternak Ayam Broiler
Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Beternak ayam broiler memiliki banyak nilai lebih ketimbang beternak unggas yang lain, termasuk ayam buras (ayam kampung). Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut :
  • Tingkat pertumbuhannya sangat cepat sehingga lebih cepat pula dipanen

    Ayam broiler menunjukkan pertumbuhan yang fantastis semenjak usia 1 minggu hingga 5 minggu dan bisa dijual ke pasar sebelum berumur 8 minggu.

  • Dagingnya mempunyai kandungan gizi yang lengkap dan halal

    Selain mempunyai kandungan gizi yang lengkap, dagingnya juga halal dan boleh dikonsumsi oleh agama manapun, tidak seperti daging babi yang diharamkan oleh kaum muslim ataupun daging sapi yang tidak boleh dimakan oleh penganut Hindu.

  • Tingkat kebutuhan pasar sangat tinggi

    Tingkat kebutuhan pasar akan daging ayambroiler/ayam ras pedaging terbilang sangat tinggi mengingat keberadaannya sebagai salah satu lauk yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

  • Harga Jualnya Sangat Bagus

    Sekalipun terkadang fluktuatif, namun harga jual daging ayam ras pedaging di pasaran relatif bagus. Bahkan pada masa-masa tertentu seperti pada saat menjelang hari raya agama, harganya bisa melonjak sangat tinggi hingga berkali-kali lipat dari harga normal.

  • Cara pengelolaannya tidak terlalu sulit dan bisa dijalankan siapa saja

    Beternak ayam broiler sebenarnya bisa dilankan oleh siapa saja lantaran tidak rumit, asalkan ditangani secara profesional dan menggunakan prosedur yang benar. Selain itu, beternak ayam broiler sebenarnya juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan setiap yang kurang peoduktf, mulai dari lahan kosong sepertitegalan hingga persawahan tanda hujan, dengan catatan jauh dari keramaianmaupun pemukiman penduduk
  • Potensial untuk dijadikan investasi Usaha

    Bila ditekuni, dikelola secara profesional, dan dijalankan dengan prosedur yang benar, maka bertenak ayam broiler inibisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar dengan jalan memaksimalkan kuantitas dan kualitas daging ayam yang dihasilkan, sehingga saat potensial untuk dijadikan investasi usaha, terutama untuk jangga pendek.

Akan tetapi beternak ayam broiler juga mempunyai sisi kelemahan beberap kelemahan. Beberapa diantaranya adalah senagai berikut :

  1. Memerlukan pemeliharaan dan penanganan secara intensif dan lebih pelik ketimbang beternak ayam buras atau ayam kampung.
  2. Membutuhkan modal yang lebih besar, mulai dari pembelian bibit DOC, pembuatan kandang khusus, pembelian pakan, obat-obatan dan vaksin, gaji pekerja kandang, hingga sewa lahan di lokasi khusus.
  3. Membutuhkan ransum makanan yang sangat berkualitas dan dalam jumlah yang relatif banyak ketimbang ransum untuk ayam buras.
  4. Ayam broiler gampang terkena stress dan sulit beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya.
  5. Ayam broiler sangat rentan dan mudah terserang penyakit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun parasit. Selain itu, tingkat penyebaran penyakitnya terbilang relatif sangat tinggi ketimbang penyakit yang menyerang ayam buras.

Namun, sekalipun pada ayam broiler mempunyai nbeberapa kelemahan seperti disebutkan di atas, segala kelebihan yang ada pada ayam broiler tersebut tetap bisa memberikan keuntungan ekonomis bagi para peternak yang memeliharanya.


Lanjutkan membaca mengenai Menentukan Tujuan Awal dari Beternak Ayam Broiler

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Nilai Lebih dari Beternak Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.