follow

Ciri dan Sifat Ayam Broiler

Ciri dan Sifat Ayam Broiler
Ternak Ayam Broiler Blogspot - Ayam broiler sebagai jenis ayam pedaging yang paling populer dan paling banyak diternakkan mempunyai ciri senang makan atau tingkat konsumsi ransumnya sangat tinggi. Bila ransum (makanan) diberikan tidak terbatas atau ad libitum, maka ayam akan terus menerus makan hingga merasa kenyang. Karenanya, untuk mengurangi beban produksi pengadaan pakan dan sekaligus untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pakan yang baik pada ayam broiler yang diternakkan, maka peternak hanya akan memberikan ransum pada batas tertentu sesuai umur dan arah pembentukan bibit yang kemudian disebut dengan konsumsi standar atau baku.

Dengan cara ini pula, tingkat konversi ransum pada ayam yang umurnya sama dari waktu ke waktu akan terus diperbaiki sesuai harapan peternak, yaitu tingkat pertumbuhan yang relatif cepat dengan jumlah porsi makanan yang kurang lebih sama atau malah lebih sedikit. Intinya, peternak akan menginginkan agar ayam broiler (pedaging) yang dipeliharanya akan lebih cepat dipanen dengan menghabiskan pakan seminimal mungkin.

Ayam broiler sebenarnya akan tumbuh baik dan optimal bila diternakkan pada temperatur lingkungan 19-21°C. Namun, karena rata-rata suhu di Indonesia terbilang tinggi, maka ayam broiler terlalu banyak minum tapi nafsu makanya berkurang, di mana hal tersebut tidak baik bagi ayam. Maka dari itu, tidak mengherankan bila sebagaian peternak lebih senang membuka peternakan di daerah dataran cukup tinggi dengan suhu yang sejuk dan tidak terlalu panas.

Bila dipelihara dengan baik dan mendapatkan ransum yang berkualitas, maka ayam broiler usia di atas 6 minggu bisa menghasilkan persentase karkas (hasil potongan daging utuh tanpa mengambil darah, bulu, kepala, cakar, maupun isi perut dan rongga dada) yang sangat tinggi, yakni antara 65-75%. Selain faktor pemeliharaan, tingkat kecepatan pertumbuhannya, dan persentase karkas tersebut sangat bergantung pada faktor keturunan. Karena itulah, para peternak ayam broiler akan selalu berusaha untuk mengambil bibit ayam broiler dari bangsa (strain) yang unggul.

Teruskan membaca ke artikel yang berjudul Nilai Lebih dari Beternak Ayam Broiler

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Ciri dan Sifat Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.