follow

Modal Membuka Usaha Peternakan Ayam Broiler

Di postingan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang mencari tenaga kerja dan Macam-macam Tenaga kerja yang Dibutuhkan di peternakan ayam, dan kali ini saya akan menjelaskan tentang syarat mutlak ketika kita mau membuka usaha peternakan ayam.

Ketersediaan modal di awal membuka usaha memang bisa dikatakan menjadi syarat mutlak ketika harus membuka usaha, termasuk dalam hal ini membuka peternakan ayam broiler. Modal yang tersedia nantinya akan di pergunakan untuk menjalankan peternakan ayam dari tahap awal, yakni dari menyewa lahan usaha, membuat kandang, pengadaan bibit ayam (DOC), pengadaan ransum/pakan, pengadaan peralatan kandang, pembelian obat-obatan (termasuk vaksin dan feed supplement), upah tenaga kerja/petugas kandang, hingga biaya operasional lainnya seperti biaya tagihan listrik dan biaya transportasi.

Ketersediaan modal pada akhirnya akan menentukan seberapa besar skala usaha peternakan ayam yang akan dijalankan, setidaknya di awal pembukaan usaha. Bisa saja modal yang dikeluarkan di awal bukanlah keseluruhan modal yang harus di keluarkan untuk operasional peternakan ayam tersebut. Pasalnya peternakan bisa saja mempergunakan dana yang ada untuk membiayai pos-pos pengeluaran yang memang harus di keluarkan di awal, sebagai misal pembuatan kandang, pembelian DOC, hingga pembelian ransum untuk fase starter. Kebutuhan lainya bisa diberikan belakangan sambil menjalankan usaha. Sebagai contohnya, Upah tenaga tetap atau petugas kandang bisaa saja dibayarkan setelah pemanenan pertama, mengingat masa pemeliharaan ayam broiler tidaklah terlalu lama, yakni bisa dipanen pada umur 5-6 minggu saja atau sekitar 1,5 bulan.

Modal yang dipergunakan untuk membuka usaha peternakan bisa saja mengambil pinjaman dari bank atau lembaga peminjaman uang lainnya, seperti koperasi simpan pinjam. Sistem pengembaliannya bisa kredit perbulan atau bila sudah dipanen, Dengan begitu, keinginan peternak untuk membuka usahanya secara mandiri tidak akan kandas hanya karena terganjal oleh permasalahan kesiapan modal di awal membuka usaha.

Modal Membuka Usaha Peternakan Ayam Broiler

Lanjutkan membaca tentang cara Mengetahui Keinginan dan Kebutuhan Pasar

By Chintya Nada Pangestika with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Modal Membuka Usaha Peternakan Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.