follow

Mempelajari Kebutuhan dan Keinginan Pasar

Setiap peternak harus mempelajari keinginan dan kebutuhan pasar yang ada, dalam hal ini adalah mencari tahu berapakah bobot tubuh hidup ayam pedaging yang dibutuhkan oleh pasar atau paling disukai konsumen. Tujuannya adalah agar ayam yang diproduksi benar-benar bisa mendapatkan konsumen atau diterima baik oleh pasar. Bisa saja untuk setiap daerah tertentu, selera konsumen akan berbeda pula. Satu daerah tertentu, selera konsumen akan berbeda pula. Satu daerah bisa saja cenderung menyukai ayam broiler dengan bobot hidup 1,5 kg/ekor, tapi daerah lain lebih menyukai ayam broiler dengan bobot 1,8 kg.

Bervariasinya selera konsumen tersebut, tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi peternak ketika akan melepas ayamnya di pasaran, yang pada akhirnya akan menentukan lamanya pemeliharaan, biaya produksi yang harus dikeluarkan, jumlah pakan yang harus dibutuhkan, dan sebagainya. Intinya, setelah mengetahui rata-rata bobot tubuh ayam yang dibutuhkan konsumen, maka peternak bisa menghitung atau memperkirakan masa pemeliharaan yang akan dilakukan untuk satu kali periode pemanenan. Dari sana, selanjutnya akan diketahui atau diperkirakan waktu modal akan kembali dan juga sirkulasi keluar-masuknya dana (Cash-flow) yang terjadi dalam proses produksi tersebut.

Mempelajari Kebutuhan dan Keinginan Pasar

Pengaturan Jumlah Produksi Ayam Broiler bisa anda baca Disini

By Chintya with 1 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Mempelajari Kebutuhan dan Keinginan Pasar.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.