follow

Tipe Vaksin

Vaksin yang digunakan untuk program peningkatan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, terbagi dalam dua tipe, yaitu dalam bentuk vaksin hidup (live-vaccines) dan yang dilemahkan atau dimatikan (killed-vaccines),

1. Vaksin Hidup (Live-Vaccines)
Dalam vaksin hidup, agen virus yang ditanamkan masih dalam keadaan hidup dan memiliki kemampuan yang lengkap untuk menghasilkan kekebalan tubuh terhadap suatu jenis penyakit. Dengan jenis vaksin ini, ayam akan mempunai kemampuan untuk menangkal penyakit yang menyerang dari antibodi yang dihasilkan dalam tubuh inangnya (host).

- Vaksin yang Dilemahkan (Attenuated Vaccine)
Sebagaian orang mengelompokkan jenis vaksin yang dilemahkan ke dalam jenis vaksin yang dimatikan (killed-vaciines). Vaksin yang dilemahkan dibuat dengan cara melemahkan organisme aktif. Karena itu, ketika digunakan kepada ayam, vaksin akan merangsang kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit dalam bntuk yang lebih ringan.

- Vaksin yang Dimatikan (Killed Vaccine)
Organisme yang digunakan untuk menghasilkan vaksin ini tidak akan memiliki kemampuan untuk menularkan penyakit kepada ayam. Namun, organisme ini memiliki kemampuan untuk memproduksi antibodi ketika vaksin disuntikkan ke dalam tubuh.

Baca juga mengenai Beberapa Jenis Penyakit yang Bisa Dicegah oleh Vaksinasi

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Tipe Vaksin.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.