Ide Jitu Bisnis DOC Ayam Kampung

Posted By Chintya on Tuesday, November 1, 2011 | 9:35 AM

Peluang bisnis DOC (Day Old Chicken) Ayam Kampung. Karena tingginya pencarian berkaitan dengan "peluang usaha ayam kampung" maka pada kesempatan kali ini di bahas tentang bisnis DOC ayam kampung. Saat ini suplai bibit ayam kampung berkualitas bagi para peternak ayam kampung masih jauh dari cukup. DOC ayam kampung umumnya diperoleh secara kolektif dari sejumlah peternak di berbagai di daerah yang berbeda.

Akibatnya, mutu ayam kampung menjadi tidak terjamin serta tidak seragam. Padahal dari segi harga, ayam kampung relatif lebih stabil bila dibandingkan dengan ayam negeri. Begitu pula DOC ayam kampung, harganya konstan sekitar Rp. 3.500 setiap ekor. Sementara harga DOC ayam ras berkisar Rp.2.500-3.000 per ekor. Belum lagi lantaran cita rasa dagingnya lebih enak lagi rendah kolesterol, permintaan daging ayam kampung lebih banyak ketimbang ayam negeri.

Oleh karena itu meski biaya pakan melambung, peternak ayam kampung tetap menikmati untung. Apalagi ayam kampung doyan pakan racikan. Induk ayam kampung tetap produktif jika diberi menu pakan oplosan broiler stater sebanyak 50%, layer starter 30%, serta dedak sebanyak 20%. Ayam kampung memiliki daya tahan tubuh lebih kuat bila dibandingkan dengan ayam negeri. Sehingga biaya obat-obatan bisa ditekan. Meski dari segi perputaran modal, usaha pembesaran anak ayam kampung potong lebih cepat, dalam jangka panjang bisnis DOC nya lebih menguntungkan. Selain itu, resiko usahanya relatif lebih kecil.
Blog, Updated at: 9:35 AM

0 comments:

Post a Comment

Related Post