follow

Persiapan Mendatangkan DOC

Seleksi bibit anak ayam umur satu hari (DOC)
Tingkat pertumbuhan dan produktivitas dari ayam yang diternakkan, terutama pada fase starter, sangat bergantung dari bibit yang digunakan. Dalam hal ini, faktor genetik seperti penggunaan starin yang bagus akan sangat berpengaruh dalam perkembanganselanjutnya. Apabila bibit yang digunakan kualitasnya buruk, maka seberapapun bagusnya kualitas pemeliharaan yang elah diberikan hasil yang diperoleh tidaklah maksimal. DOC yang bagus setidaknya memenuhi kriteria seperti berikut ini :

  • DOC yang berasal dari induk yang sehat dan bebas penyakit sehingga tidak membawa penyakit bawaan dari induknya. Sangat dianjurkan agar peternak selektif saat membeli bibit dengan membelinyadari breeding farm atau agen yang sudah terpercaya.
  • Doc yang baik memiliki ukuran maupun bobot badan standar/normal. Sebagai cattan, berat DOC ayam broiler yang normal sekitar 35-40 gram per ekor. Pada praktiknya nanti, DOC yang memiliki berat badan awal lebih tinggi akan mengalami pertumbuhan yang lebh cepat ketimbang DOC yang memiliki berat badan awal lebih rendah.
  • DOC yang diambil memiliki ukuran tubuh yang seragam sehingga memudahkan pemeliharaan.
  • Sebaiknya DOC diambil dari indukan yang efisiensi penggunaan makanannya tinggi atau konversi makanannya rendah sehingga dengan pemberian ransum yang sama, bibit tersebut nantinya akan menghasilkan daging yang lebih banyak dan pertumbuhannya cepat.
  • DOC yang diambil adalah yang sehat, tampak segar, aktif, bulunya halus dan kering, dan matanya bercahaya. Cara memilihnya cukup dengan melihat matanya. Bila terbuka lebar, bercahaya, dan tidak sayu, maka dianggap sehat. Namun, bila matanya sayu atau kusam maka sebaiknya jangan diambil.
  • Tidak mengalami cacat fisik, seperti mata buta, kaki pincang, paruh tidak tertutup sempurna, atau kelainan fisik lainnya yang bisa dilihat.
  • Tidak ada lekatan tinja di duburnya (pertanda DOC yang sehat).
  • Akan lebih baik bila DOC sudah diberi vaksin seperti vaksin ND
Berbagai persiapan sebelum mendatangkan DOC
Sebelum DOC datang, peternak harus melakukan persiapan agar ketika DOC datang bisa langsung mendapatkan pemeliharaan yang layak, tidak stes, dan merasa nyaman dengan suasana kandang. Persiapan yang mesti dilakukan antara lain :
  • Kandang yang digunakan sebagai kandang DOC harus dibersihkan dengan air yang bersih dan sudah diberi disinfektan atau pembunuh kuman seperti tepung kapur (bisa ditaburkan di lantai kandang dan dinding kandang), cairan kapur + garam + air, lysol, sabun detergen, air mendidih, alkohol, amonia, jodophor, dan sebaainya. Setelah itu, kandang dibiarkan beberapa saat tapi tidak boleh diinjak-injak maupun dimasuki sembarangan orang.
  • Semua peralatan yang akan digunakan, mulai dari tempat pakan dan tempat minum disterilkan dengan disinfektan. Untuk alas litter disemprot dengan karbol atau difumigasi dengan bahan pembunuh kuman yang bisa dibeli di toko peralatan unggas
  • Semua peralatan mulai dari tempat pakan, tempat minum, hingga pemanas yang akan digunakan harus ditata sedemikian rupa agar DOC nantinya bisa leluasa tinggal di dalam kandang.
  • Alas untuk lantai kandang DOC juga sudah disiapkan yaitu berupa campuran pasir dan kapur setebal 4-5 cm, lalu dilapisi dengan bahan litter (sekam padi atau serbuk kayu) setinggi 3-4 cm, dan diatas bahan litter dilapisi dengan koran bekas dengan tujuan agar DOC tidak memakan alas litter.
  • 24 jam sebelum DOC tiba, Indukan/alat pemanas sudah dihidupkan terus sehingga ketika DOC dimasukkan ke dalamnya suhu kandang sudah ideal (30-33 C) dan DOC tidak mengalami kesulitan untuk beradaptasi.

Persiapan Mendatangkan DOC

Lanjutkan membaca tentang Perawatan Saat DOC Datang

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Persiapan Mendatangkan DOC.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.