follow

Perawatan Saat DOC Datang

  • DOC yang baru tiba dikeluarkan dari dalam dus kemasannya sambil dihitung. Biasanya untuk setiap dus berisi 100 ekor DOC ditambah 2 ekor untuk bonus ekstra bilamana ada DOC yang mati atau cacat selama dalam perjalanan. Setelah itu DOC dimasukkan kandang mini (chick guard) yang berbentuk lingkaran dengan kandang pembatas dari pelat seng (bisa juga dari triplek kalau memungkinkan).
  • DOC jangan keburu diberi makan, tapi segera diberi minum yang dicampur dengan air gula agar energi dan daya tahan tubuhnya bisa cepat kembali (karena mengonsumsi gula) dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kandang. Campuran air gula di dalam air minum adalah 1 sendok makan gula untuk 1 liter air. Agar DOC bisa mengenal tempat minumnya, peternak mengetuk-ngetuk tempat minum tersebut mirip panggilan induk ayam.
  • Setelah campuran air dan gula habis, DOC diberi air yang dicampur obat antistres yang mengandung vitamin, mineral, dan antibiotik. Pemberian obat antistres diberikan dari hari pertama hingga hari kedua.
  • Setelah DOC beristirahat, barulah diberi pakan starter untuk yang pertama kalinya. Pakan untuk ayam fase starter berupa butiran kecil atau butiran pecah yang ditebarkan di ats sehelai koran atau kertas di dekat alat pemanas, tapi jangan diletakkan persis di tempat pemanas/indukan. Perlakuan seperti itu dilanjutkan hingga 3 hari pertama.
  • Setelah 3 hari pertama, makanan diberikan di atas nampan kecil (feed-tray) yang berbentuk bundar atau persegi empat. Pemberian pakan dilakukan bertahap setelah makanan sebelumnya habis.

fase starter

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Perawatan Saat DOC Datang.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.