follow

Pemanenan dalam Bentuk Daging telah Dipotong/Siap Diolah

Pemanenan dalam Bentuk Daging telah Dipotong Siap Diolah
Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Bila peternak juga berniat untuk menjual ayam peliharaannya dalam bentu telah dipotong atau siap diolah, maka setelah ditimbang ayam kemudian dibawa ke ruang pemotongan ayam. Peralatan dan bahan yang diperlukan antara lain adalah pisau dan golo pemotong daging, baskom atau panci besar, air panas untuk memudahkan pencabutan bulu ayam, dan air bersih untuk mencuci daging yang telah dipotong. Selama pemotongan ayam hingga daging siap dipasarkan/siap diolah akan terjadi penurunan berat setidaknya 1/3 dari bobot ayam hidup.

Langkah-langkah pemotongan adalah sebagai berikut : 
  1. Ayam dikeluarkan dari boks atau keranjang, setelah itu ayam digantungkan di tempat penggantungankhusus dengan posisi kaki di atas.
  2. Ayam kemudian dipotong dan dibiarkan hingga darahnya berhenti mengalir dan ayam benar-benar sudah mati.
  3. Ayam yang telah dipotong kemudian dimasukkan kedalam bak, baskom, atau panci berisi air panas (suhu antara 50-55 C) selma 3-4 menit dan dibolak-balik agar panasnya merata.
  4. Setelah itu ayam diangkat dan dicabuti bulu-bulunya hingga bersih.
  5. Ayam yang telah bersih dari bulu kemudian dibawa ke ruangan lain untuk dibelah dan dikeluarkan isi perutnya. Pada tahap ini, bagian selain daging ayam (mulai kaki/ceker, kepala, usus, dan jeroan, dan bagian dubur) dipisahkan dan dikumpulkan di tempat khusus. Nantinya, bagian ini juga akan dijual, namun secara terpisah.
  6. Daging ayam dibersihkan dengan air bersih. Setelah itu, rongga daging sisa pembelahan dimasukkan potongan es batu dan kemudian dimasukkan ke dalam baskom yang berisi es batu atau tempat khusus berpendingin/bersuhu rendah sebelum akhirnya dibawa ke pasar ataupun supermarket.
  7. Bila mau segera dilepas ke pasar daging, sekitar 30 menit kemudian daging ayam ditiriskan dan dimasukkan ke dalam kantong plastik.
Lanjutkan membaca ke Pengelolaan Hasil Sampingan

    By Chintya with 0 comments

    Leave a Reply

    Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Pemanenan dalam Bentuk Daging telah Dipotong/Siap Diolah.
    Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.