follow

Pengelolaan Hasil Sampingan

Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Nilai ekonomis dari ayam broiler tidak cuma pada dagingnya saja. Namun mulai dari tinja hingga bagian bulunya pun bisa dikumpulkan karena masih memiliki nilai ekonomis.

  • Tinja ayam
tinja ayam
Tinja ayam bisa dikumpulkan dalam satu tempat karena nantinya bisa dimanfaatkan dan dijual sebagai pupuk kandang, pakan tambahan untuk ikan, atau untuk dijadikan bahan biogas. Tinja pada peternakan ayam broiler biasanya akan dikeluarkan dalam dua bentuk, yaitu tinja bercampur bahan litter dan tinja murni. Untuk tinja yang bercampur bahan litter (sekam padi, serbuk gergaji), dan sebagainya hanya akan dipergunakan untuk pupuk kandang atau pupuk tanaman sayur, seperti kubis, sawi, dan cabai. Sedangkan untuk tinja murni, selain bisa dipergunakan untuk pupuk kandang, juga bisa diberikan sebagai pakan tambahan untuk ikan air tawar seperti lele, karena masih mengandung nutrisi yang bisa diserap oleh ikan tersebut.

  • Bulu ayam
Bulu ayam dewasa juga bisa dikumpulkan untuk dijual pada pengerajin seni kerajinan dari bahan bulu unggas. Hanya saja, bulu-bulu tersebut harus dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu, dan disemprot dengan antikuman. Selain itu, bulu-bulu sisa pemanenan harus dikumpulkan di tempat khusus yang jauh dari kandang ayam agar kemungkinan bibit penyakit yang masih ada didalamnya tidak bisa menginfeksi ayam yang masih dipelihara.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Pengelolaan Hasil Sampingan.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.