follow

Pakan Ayam Broiler

Pakan Ayam Broiler
Bagi peternak ayam broiler, biaya pakan memerlukan 70 persen dari biaya total pemeliharaan. Namun pakan mempunyai kontribusi sebesar 30 persen dalam keberhasilan usaha ternak broiler. Dalam hal ini anda harus mampu mengenali macam-macam bahan pakan yang diperlukan dan kadar nutrisinya sehingga ayam dapat mengonsumsinya dengan baik dan memberikan hasil yang diharapkan.

Makanan yang baik akan memberikan energi yang optimal bagi ayam broiler. Energi ini penting untuk menjaga kondisi tubuh, pekerjaan otot, dan pertumbuhannya. Secara biologis ayam mengonsumsi pakan untuk kepentingan proses-poroses tersebut, baik ada atau tidak ada pembentukan jaringan baru. Misalnya, ayam senantiasa menjaga kehangatan tubuhnya sehingga memerlukan energi yang diperoleh dari pakan. Hal yang harus menjadi perhatian anda sebagai peternak ayam broiler adalah kebutuhan ayam terhadap energi yang sering tidak menentu.

Masalah lainya adalah hilangnya panas antara lain terjadi karena penguapan lewat pori-pori badan dan pernapasan. Banyak sedikitnya panas yang dihasilkan dalam hal ini akan tergantung pada perbedaan suhu badan dengan temperatur lingkungan.

Untuk kondisi lingkungan yang terlalu dingin atau kondisi lingkungan yang lebih rendah dari suhu tubuh, maka ayam broiler akan mengkonsumsi pakan yang lebih banyak untuk menjaga panas badannya. Sebaliknya, bila suhu lingkungan terlalu tinggi maka ayam broiler mengurangi jumlah pakan yang dikonsumsinya, Ia akan lebih banyak minum karena air lebih berfungsi untuk mengalahkan panas dari luar tubuh lewat penguapan dan pernapasan.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Pakan Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.