follow

Jenis - jenis Pakan Ayam

Pakan yang baik untuk ayam broiler adalah pakan yang mengandung zat-zat seperti protein, lemak, abu, serat kasar, energi, viatamin, dan asam amino. Hal ini dapat dilihat dari standar kebutuhan zat-zat makanan pada masing-masing periode pemeliharaan yang dapat dipenuhi oleh pakan tersebut.

Yang juga tidak kalah penting tapi sering terlupakan adalah pakan tersebut harus tidak menyebabkan diare karena diare dapat menyebabkan litter menjadi basah sehingga konsentrasi amoniak di dalam kandang justru meningkat. Akibatnya, muncullah penyakit dan masalah berat badan.

Pakan yang diberikan untuk ayam broiler juga harus mampu meningkatkan berat badan per hari (Average Daily Gain), Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif (makanan sisa dapur atau warung, roti bekas, mie instant remuk, bihun bekas, dan sebagainya). Penambahan pakan tambahan seperti POC NASA lewat air minum berdosis 1-2 cc/liter, misalnya, mampu memberikan berbagai nutrisi pakan dalam jumlah yang cukup untuk membantu pertumbuhan dan penggemukan ayam broiler. Begitu pula dengan suplemen khusus ternak, seperti Viterna Plus, dengan dosis 1 cc/liter air minum per hari yang mempunyai kandungan nutrisi lebih banyak dan lengkap.

By Chintya Nada Pangestika with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Jenis - jenis Pakan Ayam.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.