follow

Minggu Ketiga

Pemeliharaan pada minggu ketiga masih memerlukan alat pemanas. Ayam sudah lincah dan mempunyai nafsu makan yang tinggi. Pertumbuhan bulunya juga baik.

1. Hari Pertama
Bukalah dua tirai plastik penutup sisi boks. Turunkanlah temperatur hingga mencapai suhu 29 derajat celcius atau 85 derajat fahrenheit. Gantilah bola lampu dengan ukuran 100 watt. Atau anda tetap memakai lampu lama namun menggantungkannya lebih tinggi.

Timbanglah berat badan ayam, seperti cara pada minggu kedua. Pertumbuhan normal minggu ketiga di lingkungan tropis seharusnya mencapai rata-rata 483 gram per ekor. Bila berat badan rata-rata ternyata lebih tinggi, berarti pertumbuhannya cukup baik.

Tambahlah jatah pemberian makanan dan minuman. Ayam pada fase ini membutuhkan pakan 48 gram per ekor atau 4,8 kg untuk 100 ekor ayam. Kebutuhan minum per hari rata-rata 7,6 liter sehingga diperlukan tempat makan berbentuk tabung besar sebanyak dua buah dan tempat minum tabung besar sebanyak empat buah dengan kapasitas dua liter per tabung.

2. Hari Kedua
Pada hari kedua, jumlah pemberian makanan dan minuman sama seperti hari pertama.

3. Hari Ketiga
Pemeliharaan hari ketiga sama dengan hari kedua.

4. Hari Keempat
Pemeliharaan hari keempat sama dengan hari ketiga.

5. Hari Kelima
Pada hari kelima, campurlah air minum dengan antibiotik. jumlah pemberian makanan sama seperti hari keempat.

6. Hari Keenam
Pemeliharaan hari keenam sama seperti hari kelima.

7. Hari Ketujuh
Pemeliharaan hari ketujuh sama seperti hari keenam, ditambah vaksinasi tetelo yang kedua. Vaksinasi ayam broiler yang berusia 21 hari menggunakan vaksin ND strain Laota melalui suntikan di bagian paha di bawah kulit. Adapun caranya adalah :

Satu kemasan vaksin dosis 100 ekor ayam, dilarutkan kedalam 50 ml larutan garam faal (Na CI fisiologis) yang steril.
Dosis penyuntikan per-ekor ayam 0,5 ml, disuntikan di atas otot daging.

Lanjutkan membaca ke Minggu Keempat

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Minggu Ketiga.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.