follow

Mengenal Ayam Broiler

Mengenal Ayam Broiler
Ayam ras pedaging atau broiler merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam. Mula-mula sekelompok ayam dalam satu keluarga dikawinkan. Keturunannya lantas dipilih yang tumbuh cepat. Di antara mereka disilangkan kembali. Keturunannya diseleksi lagi yang cepat tumbuh dan dikawinkan sesamanya. Demikian seterusnya hingga diperoleh ayam yang paling cepat tumbuh, yaitu ayam broiler.

Ayam broiler memiliki daya produktivitas yang tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Ia mampu membentuk satu kilogram daging atau lebih cuma dalam tempo 30-45 hari. Karena masih muda, dagingnya sangat empuk. Bahkan, tulang-tulangnya pun mudah hancur bila digigit.

Ayam pedaging yang baik adalah ayam yang mengonsumsi dua kilogram pakan untuk menghasilkan satu kilogram berat tubuhnya. Ayam betina pada umumnya dijual ke pasar pada saat beratnya mencapai antara 1 3/4 kg sampai 2,5 kg, sedangkan ayam jantan antara 3-4 kg. Ayam yang tumbuh dengan cepat akan membuat pemeliharaannya semakin ekonomis. Adapun beberapa jenis ayam ras pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah Super 77, Tegel 70, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arcres, Tatum, Indian river, Hybro, Cornish, Brahma, Langshans, Hypeco-Broiler, Ross, Marshall, Euribrid, A.A 70, H&N, Sussex, Bromo, dan CP 707.

Ayam silang Cornish Rock adalah ayam pedaging yang tergolong terbaik pada saat ini. Ayam ini merupakan hasil silang dari Cornish dan Plymouth Rock. Ayam pedaging lainnya yang tergolong baik adalah dari jenis ras Brahmas, Cochins, dan Cornish.

Ayam broiler yang baru populer di indonesia sejak tahun 1980-1n ini sangat menguntungkan jika diternakkan. ia bisa dipanen dalam waktu singkat. Waktu yang cepat ini akan mampu mengatasi tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan daging ayam. Ayam broiler merupakan ternak yang penting dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat. Permintaan terhadap daging ayam semakin bertambah seiring dengan meningkatnya penghasilan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani. Oleh karena itu anda tidak punya alasan untuk tidak berusaha membudidayakan ayam broiler

Lanjutkan membaca tentang Peluang Usaha Ternak ayam Broiler

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Mengenal Ayam Broiler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.