follow

Peluang Usaha

Peluang Usaha
Ayam pedaging atau ayam broiler adalah salah satu unggas favorit untuk diternakkan. Caranya yang relatif mudah dengan masa panen yang relatif singkat membuat usaha peternakan ayam broiler memiliki daya tarik tersendiri.

Biasanya ayam broiler dipanen setelah umurnya mencapai 45 hari. Bobot ayam seusia itu 1,5 - 2,5 kg. Bandingkan dengan ayam kampung yang pada umur sama bobotnya cuma 200 g. Ternak ayam potong, memiliki masa panen 40 hari sekali. Artinya, setiap 40 hari sekali, seorang peternak bisa menjual hasil panennya.

Ayam broiler memang ayam yang cepat tumbuh dan dipelihara dalam waktu yang cepat. Pasalnya, setelah itu dia sudah tak efesien lagi membentuk daging. Kalau diteruskan, keuntungan anda sebagai peternak justru menurun.

Selama dipelihara, ayam broiler dilayani bak tamu hotel berbintang lima. Pakan dan minumnya dikirim langsung ke kamar yang berisi ratusan ekor. Sementara ia hanya makan dan tidur. Dengan cara begitu ia bisa tumbuh secara efisien karena pakannya sebagian besar untuk membentuk daging dan sedikit sekali digunakan untuk bergerak. Jadi, tidak benar jika ayam broiler digemukkan secara paksa dengan memberinya hormon atau zat perangsang.

Sebelum anda memulai usaha beternak ayam broiler, anda harus memahami tiga unsur produksi, yaitu manajemen (pengelolaan usaha peternakan), breeding (pembibitan), dan feeding (makanan ternak atau pakan). Misalnya anda harus paham bahwa Anda tidak boleh menggunakan antibiotik secara berlebihan agar ayam broiler yang anda ternakkan mampu menghasilkan daging yang baik. Kalaupun anda memberinya, hentikanlah beberapa hari sebelum dipanen. Antibiotik memang boleh diberikan dalam jumlah terbatas untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah penyakit. Namun antibiotik yang berlebihan justru akan menimbulkan residu pada daging.

Pemasaran hasil panen ayam broiler bukanlah hal yang sulit. Jika keberadaan peternakan ayam broiler anda sudah mulai dikenal, maka dengan sendirinya para pedagang akan mengambil dari anda. Jadi, anda tak perlu memasarkan ayam tersebut. Anda juga bisa menarik konsumen tetap yaitu para pedagang besar (pengepul). Mereka itulah kemudian menyuplai ayam broiler ke rumah pemotongan, pedagang kecil, para penjual daging ayam potong, hingga akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen.

Baca lagi mengenai Manfaat dan Keuntungan Beternak

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Peluang Usaha.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.