follow

Ayam Broiler, Tipe Pedaging Terpopuler

ayam broiler
Ternak Ayam Broiler - Istilah ayam ras pedaging ataupun ayam broiler memang sudah lama dikenal di Indonesia, mulai sekitar periode 1980-an. Namun sebenarnya istilah “ayam ras pedaging” adalah untuk menyebut jenis ayam yang tingkat pertumbuhannya sangat cepat, produksi dagingnya tinggi, dan sudah bisa dipanen dalam tempo pemeliharaan yang singkat. Berbagai kelebihan dari ayam ras pedaging tersebut didapatkan dari hasil berbagai perkawinan silang dan seleksi yang berkelanjutan dan diikuti dengan upaya perbaikan manajemen pemeliharaan secara terus-menerus sehingga menghasilkan mutu genetik yang unggul. Secara kebetulan, dari semua jenis ayam ras yang dipelihara untuk diambil dagingnya, hingga kini hanya jenis broilerlah yang bisa memberikan hasil produksi sekaligus tingkat pertumbuhan terbaik.

Ayam Broiler menunjukkan pertumbuhan yang fantastis semenjak usia 1 minggu hingga 5 minggu dan bisa di jual kepasaran sebelum berumur 8 minggu. Bahkan saaat ini banyak peternak yang sudah memanennya ketika berumur antara 5-6 minggu dengan bobot hidup rata-rata mencapai 1,4 hingga 1,6 kg per ekor. Sebagai perbandingan, pada umur 5-6 minggu tersebut, bobot maupun ukuran tubuhnya hampir sama dengan bobot ayam kampung/buras yang berumur sekitar 8 bulan.

Karena jenis ayam inilah yang banyak dipelihara di berbagai daerah semenjak periode 1980-an hingga kini, maka lambat laun orang-orang mengidentikkan dan menyebut ayam ras pedaging sebagai ayam broiler. Padahal, ayam broiler sebenarnya hanyalah salah satu jenis dari sekian banyak ayam tipe pedaging yang ada. Sedangkan mengenai keberadaan berbagai macam nama bibit ayam broiler yang ada di pasaran, hal ini dikarenakan setiap Breeding Farm atau perusahaan yang mengembangkan pembibitan ayam boiler akan memberi nama tersendiri pada bibit ayam broiler yang dikembangkannya. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kelebihan dan perbedaan dari bibit yang diroduksinya ke pasaran/konsumen. Perbedaan tersebut umumnya pada tingkat kecepatan perumbuhan, tingkat konsumsi ransum, dan konversi ransumnya.

Lanjukan membaca tentang Ciri-ciri dan sifat Ayam Broiler

By Chintya Nada Pangestika with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Ayam Broiler, Tipe Pedaging Terpopuler.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.