Pembasmian Lalat Pada Kandang Ayam

Pengendalian dan pembasmian lalat bukanlah hal yang mudah karena hal ini mencakup banyak aspek. Bisa saja kita telah melakukan usaha maksimal dalam pemberantasan dan pembasmian lalat namun hal ini tidak membuahkan hasil yang diharapkan dikarenakan faktor-faktor lain yang sangat penting peranannya.

Dalam menerapkan metode pemberantasan lalat kita terlebih dahulu harus mengetahui penyebab dan asal serbuan pada peternakan ayam broiler atau farm milik kita. Karena dengan mengetahui penyebab munculnya lalat maka dengan menghilangkan penyebab tersebut maka secara tidak langsung kita menutup pintu masuknya lalat pada farm kita. Adapun beberpa penyebab sebuan lalat pada kandang ayam adalah :

1. Lingkungan kandang yang kotor seperti banyak sampah yang berserakan, bangkai ayam yang tidak dikubur atau dimusnahkan dengan baik dll.

2. Kondisi lingkungan kandang yang lembab baik karena musim hujan ataupun karena sebab lainnya. Kondisi lembab ini sangat disukai lalat untuk berkembang biak terlebih pada feces yang lembab atau malah basah.

3. Ayam yang sakit juga mengundang lalat. Hal ini dikarenakan pada umumnya ayam yang sakit tidak mampu mencerna makanan dengan baik akibatnya kotoran yang keluar menjadi lebih basah dan mengandung amoniak yang tinggi. Hal ini sangat disukai lalat untuk meletakkan telurnya dan berkembang biak menjadi larva dan lalat dewasa.

4. Managemen penyimpanan ataupun pemberian pakan yang asal-asalan menyebabkan banyak pakan yang tercecer ataupun tumpah sehingga dapat mengundang lalat terlebih jika pakan yang tercecer tersebut terkena air dan menjadi lembab maka bagi lalat ini layaknya kue brownis coklat yang sangat mengundang selera.

5. Kondisi kandang tetangga atau lingkungan sekitar kandang yang jorok. Meskipun semua usaha pencegahan sudah kita lakukan namun jika lingkungan sekitar kita yang kotor atau bisa dibilang jorok maka bersiap-siaplah menerima getahnya berupa serbuan lalat.

0 Response to "Pembasmian Lalat Pada Kandang Ayam"

Post a Comment