Tips dan Catatan Pemberian Ransum pada Ayam Broiler

Posted By Chintya on Tuesday, October 4, 2011 | 1:32 PM

  1. Untuk para peternak pemula, langkah menyusun sendiri ransum untuk ayam broiler yang dipeliharanya sama sekali tidak dianjurkan, apalagi bila mana sama sekali tidak memiliki dasar-dasar pengetahuan mengenai bahan makanan ternak. Langkah paling ideal adalah membeli pakan jadi produksi pabrikan yang sudah terbukti kualitasnya.
  2. Untuk menghemat pakan, pemberian pakan tidak perlu sampai meluap dari wadahnya, atau usahakan tidak melebihi separo dari ketinggian wadahnya sehingga tidak banyak yang tumpah atau tercecer di luar wadahnya.
  3. Sebelum ransum diberikan, tempat pakan harus dicuci bersihdan dikeringkan dahulu agar pakan tidak tercampur dengan air.
  4. Pemberian ransum pada awal hari harus dilakukan pagi-pagi benar karena nafsu makan ayam broiler di waktu pagi sangat besar.
  5. Jatah pemberian ransum daam satu hari tidak boleh diberikan satu kali sekaligus, namun harus diatur agar bisa diberikan selama empat kali dalam sehari. Keuntungan pemberian makan seperti ini adalah menghemat ransum, mengurangi resiko kandang cepat kotor karena tumpahan makanan, menambah nafsu makan ayam karena diberikan dalam jumlah tertentu saja (tidak sekaligus) sehingga ayam lebih tertarik untuk makan, ayam tidak malas untuk minum, dan dengan sendirinya kontrol peternak terhadap kondisi ayam-ayamnya akan lebih sering dilakukan.
Blog, Updated at: 1:32 PM

0 comments:

Post a Comment

Related Post