follow

Perencanaan Kandang

Sebelum anda membuat kandang ayam broiler, Anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini.

  1. Ternak Ayam dengan Kebutuhan
    Perencanaan kontruksi kandang ayam broiler sangat erat hubungannya dengan usaha manusia untuk mengurangi pengaruh negatif terhadap ayam. Tujuannya agar ayam bisa tinggal di dalam kandang dengan nyaman dan anda pun bisa memperoleh keuntungan ekonomi yang optimal. Oleh karena itulah pembuatan kandang maupun pengaturan lingkungan kandang harus sesuai dengan perencanaan.
  2. Pengaruh Iklim
    Kedudukan bumi pada sumbunya selalu berubah-ubah dalam perjalanan bumi mengelilingi matahari. Masing-masing lintang bumi menerima panas matahari secara kuantitif berbeda-beda. Permukaan bumi mengalami pemanasan dan pendinginan yang disebabkan adanya energi matahari yang bersifat konstan. Panas diantar dari matahari ke bumi melalui proses radiasi. Radiasi ini mengalir dari ruangan yang lebih panas menuju ruang yang lebih dingin.

    Matahari memancarkan energi berupa spektrum yang besar dan luas, serta hanya sebagian yang dapat diketahui secara visual. Sebagian yang diterima bumi berbentuk gelombang panjang, yaitu sinar infra merah.

    Jumlah panas yang diserap oleh bumi dalam setiap tahunnya seimbang dengan kehilangan panasnya atau pendinginannya. Karena faktor iklim yang panas serta sangat lembab, maka perencanaan kandang ayam broiler pun harus menghindari pengaruh yang tidak menguntungkan dari kedua hal tersebut. Anda harus menyelaraskan kandang dengan kenyamanan ayam yang anda pelihara.

    Faktor iklim memang harus diperhitungkan dalam merencanakan kandang ayam agar tingkat kenyamanan ruangan kandang dapat tercapai. Oleh karena itu anda harus memperhatikan suhu, kelembaban udara, pengatruran udara (ventilasi), dan tingkat radiasi panas matahari yang masuk. Hal-hal tersebut sangat berkaitan erat satu sama lain.

    Pengaturan udara yang baik, pemilihan bahan atap yang tepat, serta pembangunan di tempat yang tepat akan memberikan suasana nyaman dan aman bagi ayam. Dengan itu semua maka suhu yang panas akibat radiasi uyang kuat, atau tingkat kelembaban yang tidak sehat, dapat diatasi. Perencanaan kandang juga perlu memperhitungkan pembayangan atap dan pembayangan dinding untuk mengurangi pengaruh radiasi matahari.
  3. Bahan Konstruksi
    Faktor Iklim memegang peranan penting terhadap pemilihan dan penggunaan bahan bangunan untuk kandang ayam broiler secara tetap, ekonomis, konstruktif, dan awet. Panas matahari merupakan salah satu unsur penyebab ketidaknyamanan di dalam ruang kandang. Sinar matahari juga mengakibatkan benda menjadi panas.

    Sebagian sinar matahari dipantulkan oleh bahan-bahan bangunan tersebut, dan sebagian dihisapnya. Dalam hal ini daya serap suatu bahan bangunan yang berwarna gelap terhadap sinar matahari termasuk tinggi. sebaliknya, bahan bangunan dengan warna muda kurang mampu menyerap panas.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Perencanaan Kandang.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.