follow

Pemisahan Jantan dan Betina

Pemisahan Jantan dan Betina
Pemisahan Jantan dan Betina
Peternakan Ayam Broiler Blogspot - Bila memang diperlukan, pada umur 10-14 hari ayam broiler akan dipisahkan antara jantan dan betina. Pemisahan antara jantan dan betina dikarenakan antara jantan dan betina setelah menginjak umur 10 hari mempunyai bobot badan dan jumlah konsumsi yang berbeda. Kemampuan ayam betina dalam mengonversi makanan menjadi daging tidaklah sebagus ayam jantan. Selain itu, ayam betina juga lebih lemah atau rentan ketimbang ayam jantan yang tampak lebih agresif. Akibatnya, pada umur yang sama laju pertumbuhan ayam betina lebih lambat daripada ayam jantan.

Jadi, pertimbangan melakukan pemisahan jantan dan betina ini adalah agar di dalam satu kandang bisa didapatkan ayam yang seumur dan ukuran tubuhnya seragam. Dengan demikian, nantinya ayam bisa dipanen dalam waktu yang bersamaan pula. Pemisahan tersebut juga memberi kesempatan pada ayam betina yang cenderung lebih lemah untuk mendapatkan ransum yang lebih banyak karena tidak perlu berebutan dengan ayam jantan yanglebih agresif.

Karena keterampilan mengetahui jenis kelamin pada ayam broiler belum tentu dimiliki oleh peternak, maka cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengamati fisik luar tubuh ayam. Untuk ayam jantan, maka pada umur ini bagian jenggernya (di atas tempurung kepala) akan mulai tampak berwarna merah kecil. Sedangkan pada ayam betina, bagian jenggernya tidak terlihat jelas lantaran ukurannya relatif kecil.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Pemisahan Jantan dan Betina.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.