follow

Minggu Kelima

Kegiatan pokok dalam pemeliharaan pada minggu kelima adalah tata laksana lantai kandang. Karena jumlah ransum dan konsumsi air semakin bertambah, pengadukan lantai kandang perlu dilakukan setiap hari. Tambahkan pula alas lantai baru. Tanpa pengadukan dan penambahan alas lantai, lantai akan basah dan dapat berpengaruh buruk terhadap ayam broiler, terutama karena bisa meningkatkan kadar ammonia di ruang kandang.

Penimbangan berat badan rata-rata ayam broiler dilakukan seperti cara pada minggu keempat. Pertumbuhan normal minggu keempat di lingkungan tropis seharusnya mencapai rata-rata 1,033 kg per ekor. Kalau lebih tinggi, berarti pertumbuhannya cukup baik.


1. Hari Pertama
Pada hari pertama, tambahlah jatah pemberian makanan dan minuman. Ayam sudah membutuhkan pakan 88 gram per ekor atau8,8 kg untuk 100 ekor. Kebutuhan air minum rata-rata 12,90 liter sehingga diperlukan lima tabung tempat makanan dan enam tabung minum.

2. Hari Kedua
Pemeliharaan hari kedua sama seperti hari pertama.

3. Hari Ketiga
Pemeliharaan hari ketiga sama seperti hari kedua.

4. Hari Keempat
Pada hari keempat, pemeliharaan sama seperti hari ketiga, tetapi untuk persiapan pemberian makanan ayam broiler akhir diperlukan penyesuaian bertahap selama empat hari sebelumnya. Jatah makanan masih tetap sama, tetapi menggunakan makanan awal 80 persen dari jatah dan makanan akhir 20 persen dari jatah. Jatah pakan adalah 8,8 kg untuk 100 ekor ayam, makanan ayam broiler awal sebanyak 7 kg, dan makanan ayam broiler akhir sebanyak 1,8 kg.

Air minum perlu dicampur dengan obat cacing, untuk menyiapkan periode pertumbuhan yang pesat. Obat cacing cukup diberikan sekali saja dengan dosis sesuai aturan penggunaan merk obat cacing yang dipergunakan.

5. Hari Kelima
Pada hari kelima, pemeliharaan sama seperti hari keempat, tetapi air minum tidak dicampuri obat cacing. Jatah makanan masih tetap, tetapi penggunaan makanan awal 60 persen dari jatah dan makanan akhir 40 persen dari jatah. Jatah pakan adalah 8,8 kg untuk 100 ekor ayam, makanan broiler awal sebanyak 5,3 kg, dan makanan broiler akhir sebanyak 3,5 kg.

6. Hari Keenam
Pemeliharaan pada hari keenam sama seperti hari kelima. Jatah makanan masih tetap sama, tetapi penggunaan makanan awal 40 persen dari jatah dan makanan akhir 60 persen dari jatah. Jatah pakan adalah 8,8 kg untuk 100 ekor ayam, makanan broiler awal sebanyak 3,5 kg, dan makanan broiler akhir sebanyak 5,3 kg.

7. Hari Ketujuh
Pemeliharaan pada hari ketujuh sama seperti hari keenam. Jatah makanan masih tetap sama, tetapi penggunaan makanan awal 20 persen dari jatah dan makanan akhir 80 persen dari jatah. Jatah pakan adalah 8,8 kg untuk 100 ekor ayam, makanan broiler awal sebanyak 1,8 kg, dan makanan broiler akhir sebanyak 7 kg.

By Chintya with 0 comments

Leave a Reply

Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, kotak URL bisa Anda kosongi Jika tidak punya blog atau situs. Sebagai pencari informasi sampaikan pendapat Anda apa saja mengenai Minggu Kelima.
Komentar Anda mencerminkan pribadi, berkomentarlah yang baik. Terima kasih.