Minggu Kedelapan

Cara pemeliharaan pada minggu kedelapan sama seperti cara pemeliharaan di minggu keenam. Pengadukan lantai dan penambahan bahan alas lantai masih tetap dilakukan.

Penimbangan berat badan rata-rata ayam broiler dilakukan seperti pada minggu ketujuh. Pertumbuhan normal minggu kedelapan di lingkungan tropis seharusnya mencapai rata-rata 1,715 kg per ekor. Lebih tinggi beratnya berarti lebih baik.

1. Hari Pertama
Pada hari pertama, tambahlah jatah pemberian makanan dan minuman. Ayam sudah membutuhkan pakan 148 gram per ekor atau 14,8 kg untuk 100 ekor. Kebutuhan air minum adalah 20,8 liter.

Programpenerangan tambahan pada malam hari dilakukan pada pukul 18.00-20.00. Intensitas cahaya lampu adalah 40 watt per 20 meter persegi luas kandang. Untuk 100 ekor ayam broiler dengan kandang ukuran 3x4 m, gunakanlah bola lampu 225-250 watt.

2. Hari Kedua
Pemeliharaan hari kedua sama seperti hari pertama.

3. Hari Ketiga
Pemeliharaan hari ketiga sama seperti hari kedua.

4. Hari Keempat
Pemeliharaan hari keempat sama seperti hari ketiga.

5. Hari Kelima
Pemeliharaan hari kelima sama seperti hari keempat. Bedanya, program penerangan tambahan pada malam hari adalah pada pukul 18.00-06.00. Jatah makanan tetap.

6. Hari Keenam
Pemeliharaan hari keenam sama seperti hari kelima.

7. Hari Ketujuh

Pemeliharaan hari ketujuh sama seperti hari keenam. Cara penangkapan sayam yang akan dipasarkan dlakukan sama seperti hari ketujuh minggu keenam.

Berat badan normal rata-rata sampai usia delapan minggu seharusnya mencapai rata-rata 2,112 kg. Kalau berat tidak tercapai, lihatlah bagaimana tata laksana, starin broiler, kualitas makanan, dan kenyamanan ruang kandang. Lakukanlah pencatatan sebagai dokumentasi untuk pertimbangan memilih bibit, makanan broiler, maupun perbaikan tata laksana.

0 Response to "Minggu Kedelapan"

Post a Comment